KesehatanNews

Kader Perempuan PPP di Aceh Diminta Aktif Sosialisasi Tentang Imunisasi

Ketua Umum DPP PPP yang juga Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa saat membuka Muswil PPP Aceh, di Banda Aceh, Jumat (28/5/2021). (Antara)

POPULARITAS.COM – Ketua Umum PPP yang juga Menteri PPP/Bappenas RI Suharso Monoarfa mengajak kader perempuan PPP di Aceh untuk menyosialisasikan tentang imunisasi dasar lengkap (IDL), guna mencegah terjadinya stunting.

“Saya minta khususnya kepada ibu-ibu para kader PPP untuk menyosialisasikan dan mendorong agar imunisasi dasar lengkap di Aceh ini naik,” kata Suharso Manoarfa seperti dilansir laman Antara, Sabtu (29/5/2021).

Pernyataan tersebut disampaikan Suharso Manoarfa saat membuka perhelatan musyawarah wilayah (muswil) ke IX PPP Provinsi Aceh, di Banda Aceh.

Suharso mengatakan, imunisasi dasar lengkap dan ideal di Aceh saat ini masih rendah. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena masyarakat Aceh kurang mempercayai imunisasi.

Padahal, kata Suharso, angka stunting memiliki hubungan erat dengan imunisasi dasar lengkap itu sendiri. Seorang anak yang baru lahir tidak mendapatkan imunisasi akan rawan terkena stunting.

“Bayi-bayi hingga berumur dua tahun yang tidak mendapatkan imunisasi, maka pada saatnya peluang untuk terkena stunting 1,78 kali atau hampir dua kali,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, terdapat enam jenis imunisasi yang harus disosialisasikan kepada masyarakat antara lain imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, DPT-HB-HiB serta imunisasi PCV untuk mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan atas (ispa).

Karena itu, lanjut Suharso, penting oleh para kader PPP Aceh mensosialisasikan enam imunisasi tersebut, sehingga imunisasi dasar lengkap itu di Aceh bisa meningkat.

“Kalau dia meningkat, insyaallah kita lihat lima tahun ke depan, angka stuntingnya pasti akan turun. Itu kerja-kerja pembangunan yang bisa dikerjakan para kader,” kata Suharso.

Shares: