News

Kecam pembakaran Al-Qur’an, ratusan massa gelar aksi di depan Masjid Raya Baiturrahman

Kecam pembakaran Alquran, ratusan massa gelar aksi di depan Masjid Raya Baiturrahman
Massa lakukan aksi damai bela Alquran di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (3/2/2023). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Ratusan massa yang mengatasnamakan diri Aceh Bela Islam (ABI) melaksanakan aksi damai di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (3/2/2023).

Dalam aksi itu, massa mengecam aksi pembakaran Al-Qur’an dari politikus sayap kanan berkewarganegaraan Swedia-Denmark Rasmus Paludan pekan lalu.

Amatan popularitas.com, dalam aksi tersebut massa membawa atribut berupa bendera yang bertuliskan lafaz “Lailahaillallah” dan membawa berbagai spanduk sebagai bentuk kecaman bagi oknum pelecehan Alquran.

Koordinator aksi, Junaidi Yusuf menyampaikan pihaknya mengecam keras tindakan para politikus yang menghina Al-Qur’an. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada pihak eksekutif dan legislatif untuk menyatakan sikap dan mengutuk keras kepada pihak Swedia dan Belanda terkait pembakaran Alquran oleh Rasmus Paludan dan Edwin Wasensveld.

“Kami mengutuk dan mengecam tindakan para Politikus Belanda, Swedia dan Denmark yang telah melakukan pembakaran dan pengrobekan Al-Qur’an,” katanya, Jum’at (3/2/2023).

Selain itu, massa aksi juga menuntut para pemimpin dunia internasional khususnya PBB agar segera memberikan sanksi tegas kepada oknum negara terlibat.

“Apabila pihak Belanda dan Swedia tidak melakukan penangkapan kepada kedua orang tersebut, khususnya terhadap negara Belanda, Aceh akan meminta maklumat kedaulatan Aceh Merdeka,” ujarnya.

Di akhir aksi, massa aksi melakukan konvoi dengan melewati rute Masjid Raya Baiturrahman-Jalan Diponogoro -Jembatan Pante Pirak-SP Lima-Jambo Tape-Simpang PKA-Jln. Tgk Nyak Arif-Simpang Mesra -dan kembali ke rute awal.

Shares: