EkonomiHeadline

Kementrian Pertanian RI bantu Aceh Rp82,6 miliar

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, ajak masyarakat Aceh untuk mengembangkan konsep pertanian terpadu, atau integrated farming.
Kementrian Pertanian RI bantu Aceh Rp82,6 miliar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri Gerakan Panen Padi di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (4/3/2022). (ANTARA/Khalis Surry)

POPULARITAS.COM – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, ajak masyarakat Aceh untuk mengembangkan konsep pertanian terpadu, atau integrated farming.

Hal itu Dikatakan Menteri SYL, karib politisi Nasdem itu disapa, dalam kunjungan kerjanya di Aceh Besar, Sabtu (5/3/2022).

“Integrated farming ini konsep pertanian masa depan dan berkelanjutan. Dan terbukti sangat menguntukan petani,” katanya.

SYL sendiri, saat kunjungan ke Aceh Besar, melakukan panen perdana dan peluncuran kawasan pertanian berbasis korporasi di Desa Blang Miro, Simpang Tiga, Aceh Besar.

Dalam kunjungan itu, SYL sekaligus menyerahkan bantuan program pertanian dari Kementrian Pertanian RI untuk Aceh senilai Rp82,6 miliar.

Dia juga meminta kedepannya, lembaga atau kelompok petani harus berjalan dengan pengelolaan yang baik, dan di dukung pelatihan teknis agar bisa berjalan lebih efektik.

Ia juga mendukung agar petani dapat menggunakan akses perbankan berupa kredit usaha rakyat sebagai permodalan untuk mengembangkan usaha pertanianya,

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh, Cut Huzaimah menargetkan produksi 1,8 juta ton padi pada 2022, dengan terus meningkatkan areal luas tanam menjadi 320 ribu hektar.

Indek penanaman sendiri, lanjutnya, ditargetkan dapat dilakukan tiga kali dalam setahun. Hal itu tercapai sejak diterapkannya konsep integrated farming dalam dua tahun terakhir.

Sementara itu, terkait dengan bantuan senilai Rp82,6 miliar yang diberikan oleh Kementerian Pertanian RI, program itu dalam bentuk bantuan benih, dan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan peningkatan produksi tanaman pangan di Aceh, Demikan Cut Huzaimah.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: