KesehatanNews

Khasiat Temulawak Untuk Kesegaran Wajah

Temulawak. (foto: halodoc)

POPULARITAS.COM – Temulawak termasuk salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Tanaman ini termasuk bagian dari jamu-jamuan dengan khasiat yang luar biasa.

Tak hanya menjadi minuman, temulawak juga bisa digunakan untuk kecantikan. Bahkan bisa digunakan untuk kulit wajah.

Temulawak memiliki andungan utama kurkumin yang merupakan salah satu jenis polifenol. Temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa organic seperti phelandren, xanthorrizol, sineal, turmerol, dan borneol. Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan berbagai mineral seperti mangan, besi, kalium, natrium, dan magnesium.

Lalu apa saja manfaat yang bisa hijaber dapatkan dari temulawak? Berikut Sahijab kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Membantu mencerahkan kulit wajah
Sel kulit mati yang bertumpuk akan membuat kulit wajah menjadi kusam. Kandungan yang terdapat dalam temulawak akan membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Gunakan temulawak yang sudah dihaluskan untuk scrub wajah. Lakukan secara teratur dan rasakan hasilnya.

2. Menghaluskan kulit wajah
Temulawak juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Penggunaan secara teratur sebagai masker membuat khasiat temulawak lebih maksimal.

3. Mengatasi Jerawat
Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disbebakan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga terasa mengganggu penampilan.

Temulawak memiliki kandungan anti-inflamasi. Gunakan temulawak sebagai masker wajah untuk membantu mengatasi jerawat.

4. Menyembunyikan noda hitam
Noda hitam pada wajah biasanya terjadi karena paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Bisa juga karena bekas jerawat, atau gejala penuaan. Masker temulawak membantu mencegah noda hitam meluas di wajah. Sehingga ia tak semakin membesar dan akan tertutupi oleh masker temulawak.

5. Membantu melembabkan kulit wajah
Agar kulit wajah tetap lembab dan kenyal, gunakan masker temulawak yang dicampur dengan minyak zaitun dan kuning telur. Campur rata tiga bahan tersebut lalu haluskan. Oleskan secara teratur pada kulit wajah dan bilas.

Sumber: Sahijab.com

Shares: