News

Kota Banda Aceh akan dilanda hujan Petir, berpotensi hujan es dan puting beliung

Empat warga Kalsel tewas disambar petir saat memancing
Ilustrasi - Petir menyambar. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww)

POPULARITAS.COM – Kota Banda Aceh akan dilanda hujan disertai petir pada Kamis (16/11/2023). Demikian prakiraan cuaca yang disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Lewat laman resminya, BMKG menyebutkan, selain Kota Banda Aceh, sejumlah wilayah lainnya juga akan terjadi cuaca serupa, yakni Jambi, Bandar Lampung dan Pangkal Pinang.

BMKG juga ingatkan, daerah lain yang berpotensi hujan lebat adalah Medan dan Jogyakarta.

Prakirawan BMKG Yuni Maharani dalam keterangannya dilaman Youtube BMKG, Kamis (16/11/2023) mengatakan, hujan disertai petir juga berpotensi terjadi di Jogyakarta.

Di Pulau Kalimantan, waspada hujan disertai petir atau kilat diprediksi terjadi di Kota Pontianak. Sedangkan di Sulawesi waspada hujan disertai petir/kilat diprediksi terjadi di Kota Palu.

“Saat ini, secara keseluruhan terjadi pancaroba. Untuk itu, warga perlu waspada,” katanya.

Akibat pancaroba itu, sambungnya lagi, selain hujan petir, potensi puting beliung dan hujan es juga kemungkinan terjadinya.

Ia mengatakan, analisis citra satelit menunjukkan bahwa pertumbuhan awan signifikan terdapat di sebagian besar wilayah Aceh, kemudian Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur.

Suhu udara di kota-kota besar di wilayah Indonesia berkisar 20 hingga 30 derajat celsius dengan kelembaban sekitar 50 hingga 100%.

Editor : Hendro Saky

Shares: