News

Kunjungan kapal yacht meriahkan Sabang Marine Festival 2024

Konferensi pers SMF24 di Tugu Kembar Sabang-Merauke, Kamis (15/2/2024) kemarin. (Pemko Sabang)

POPULARITAS.COM – Kunjungan kapal yacht dari Jerman, Thailand, Singapura, Amerika dan lainnya bakal meriahkan perhelatan Sabang Marine Festival 2024 (SMF24).

Hal itu disampaikan Wakil Kepala BPKS T Zanuarsyah dalam konferensi pers SMF24 di Tugu Kembar Sabang-Merauke, Kamis (15/2/2024) kemarin yang dihadiri Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, T Hendra Faisal.

“Yacht yang sudah terdaftar sudah 8 kapal mudah-mudah bisa bertambah terus, karena konsep awal SMF itu dulu lebih mendatangkan yacht atau kapal layar. Namun, sekarang kita lebih mengedepankan pesta rakyat di samping juga mendatangkan kunjungan yacht ke Sabang,” jelasnya.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan, SMF24 yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Kemenparekraf RI ini, diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata daerah, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Event ini menjadi salah satu strategi yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi wisata atau daerah. Dengan event ini diperkirakan berdampak positif secara ekonomi, karena banyak masyarakat dan para pelaku UMKM yang terlibat,” kata dia.

Selain memberikan dampak pada peningkatan perekonomian, SMF24 juga merupakan salah satu cara melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, serta menjadi wadah kreatifitas pelaku seni untuk mengekspresikan diri dan mewariskan bakatnya.

“Yang paling penting adalah event ini menjadi salah satu media mempromosikan Kota Sabang ini ke kancah nasional maupun internasional. Semoga event ini berjalan sukses dan lancar serta membawa dampak positif bagi Aceh, khususnya Kota Sabang,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, T Hendra Faisal menerangkan, pagelaran kolaborasi ini merupakan penghargaan bersama yang diharapkan menjadi acara terbesar penyumbang kunjungan wisatawan ke Aceh.

“Pada SMF24 ini, dukungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Insya Allah sama seperti tahun 2023. Kami juga mengapresiasi SMF yang sudah dua tahun berturut-turut masuk dalam KEN,” ungkapnya.

Hendra juga mengatakan bahwa Disbudpar Aceh akan meluncurkan Kalender Event Aceh atau Khasanah Piasan Nanggroe tahun 2024, bertepatan dengan pembukaan SMF24.

“Mudah-mudahan, penegasan peluncuran Kalender Event Aceh atau Khasanah Piasan Nanggroe tahun 2024, bertepatan dengan pembukaan SMF24, ini menandakan dampak yang sangat baik bagi para pelaku pariwisata,” pungkasnya.

Shares: