News

Kunjungan Warga Aceh ke Malaysia Bukan Sekadar Wisata

BANDA ACEH (popularitas.com) – Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar menyebutkan, kunjungan warga Aceh ke negara tersebut bukan hanya untuk berwisata, tetapi juga untuk mengunjungi saudara mereka.

“Selain itu, ramai juga warga Aceh yang datang ke Malaysia untuk berobat,” kata Zainal kepada wartawan di kawasan Lampineung, Banda Aceh, Rabu, 23 Oktober 2019.

Zainal menjelaskan, warga Aceh yang berobat ke Negeri Jiran itu rata-rata memilih rumah sakit di Penang dan Kuala Lumpur. Namun, ia tak tahu pasti berapa jumlahnya.

Sebaliknya, kata Zainal, kunjungan warga Malaysia ke Aceh juga bukan jumlah sedikit. Pada tahun 2018 lalu misalnya, tercatat 24 ribu warganya mengunjungi provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah itu. Tujuannya rata-rata untuk berwisata.

“Kami juga melihat potensi penerbangan langsung ke bandara-bandara utama di Malaysia seperti Melaka dan Johor Bahru dari Banda Aceh,” katanya.

Kunjungan Dubes Malaysia ke Aceh dalam rangka mempromosikan program “Ayo Kuliah di Malaysia” serta sempena Visit Malaysia 2020 di Indonesia.

“Saat ini ada lebih dari 385 pelajar Malaysia yang menuntut ilmu di Aceh, yaitu di UIN Ar-Raniry,” sebut dia.

Selain Aceh, kunjungan juga akan dilakukan ke Provinsi Sumatera Utara dan Riau. Kunjungan itu dilakukan mulai 23-27 Oktober 2019.

Dalam kunjungannya ke Aceh, Dubes Malaysia juga bertemu Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk melihat potensi kerjasama di berbagai bidang, terutama bidang enomoni dan investasi.

Turut hadir dalam kunjungan itu agensi-agensi Kerjaan Malaysia seperti Education Malaysia, Tourism Malaysia, MATRADE, MITI dan Departemen Imigrasi dan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM).*(C-008)

Shares: