News

Lab Pemeriksaan Covid-19 RSU Cut Mutia Belum Beroperasi karena Kendala Ruangan

Lab Pemeriksaan Covid-19 RSU Cut Mutia Belum Beroperasi karena Kendala Ruangan
Seorang petugas medis dari laboratorium RT-PCR Unsyiah sedang mengambil sampel swab di Banda Aceh. Foto Fitri

POPULARITAS.COM – Alat laboratorium reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) untuk pemeriksaan swab Covid-19 di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara hingga saat ini belum dapat difungsikan karena masih terkendala ruangan.

Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin mengatakan, laboratorium untuk menguji sampel swab Covid-19 tersebut belum dapat difungsikan, karena ruangan khusus masih dalam tahap perbaikan.

“Ruang-ruang dokter dan ruang ganti khusus dokter belum rampung, namun persiapannya sudah 80 persen. Insyaallah minggu depan sudah rampung, sedikit lama karena ini kan penanganan virus, jadi harus benar- benar teliti dan ruangan yang siap dipakai itu harus benar-benar memenuhi standart WHO atau Labkes,” kata Jalaluddin Rabu (19/8/2020).

Kata Jalaluddin, sebelumnya RSUCM Aceh Utara mengirim sampel swab ke Litbangkes Provinsi Aceh. Sehingga membutuhkan waktu tiga hari untuk mengetahui hasil uji laboratorium. Dengan beroperasinya laboratorium RT-PCR uji usap Covid-19 bisa mendapatkan hasil dalam jangka waktu satu sampai dua jam.

Selain itu RSUCM telah menerima bantuan dari Kemeterian Kesehatan berupa catrige PCR sebanyak 160 unit beserta mesin. Tak hanya itu untuk mendukung operasional laboratorium, pihak rumah sakit itu sudah memiliki tiga dokter spesialis patologi klinik, analis gizi, serta sumber daya manusia pendamping lainnya.

“Untuk sementara ini alat catrige terbatas, maka pihak rumah sakit hanya uji swab di lab ini diberikan untuk pasien rujukan, tidak untuk pasien uji test mandiri, kita berharap kedepan bisa bisa melakukan tes swab juga terhadap pasien uji test mandiri juga,” tutupnya.[]

Reporter : Rizkita
Editor : Acal

Shares: