News

Lintasan Takengon-Blangkejeren lumpuh total

Pohon dan material longsor menutupi badan jalan lintasan Takengon-Blangkejeren, Provinsi Aceh, Kamis (24/8/2023). Foto: Dok Ditlantas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Lintasan yang menghubungkan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dengan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, mengalami putus total akibat material longsor dan pohon tumbang yang menutupi badan jalan.

Kejadian ini terjadi pada Kamis (24/8/2023) sekitar pukul 03.10 WIB, menyebabkan arus kendaraan lumpuh total.

Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy, menjelaskan bahwa titik longsor terjadi di Bukit Tembolon, Desa Persiapan Ise-Ide, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues.

“Hujan lebat menjadi penyebab terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang yang menghalangi jalur tersebut,” kata Iqbal dalam keterangannya, Kamis (24/8/2023).

Pihak kepolisian setempat telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues dan Dinas PUPR Kabupaten Gayo Lues, serta perusahaan konstruksi untuk membantu dalam memindahkan material longsor.

Namun, hingga pagi tadi, kata Iqbal, arus lalu lintas masih terputus dan alat berat terus bekerja untuk membersihkan jalan.

Muhammad Iqbal Alqudusy, yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, mengimbau masyarakat agar berhati-hati jika menggunakan jalur alternatif menuju Blangkejeren.

Beberapa jalur alternatif yang disarankan adalah melalui Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Barat Daya, yang kondisi jalannya dinilai masih baik.

Pihak berwenang juga mengingatkan bahwa jalur tengah menuju Kabupaten Gayo Lues rentan terhadap risiko longsor, terutama saat kondisi cuaca sedang buruk. Dengan kondisi cuaca yang sedang hujan, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati jalur tersebut.

Sementara alat berat terus bekerja untuk membersihkan material longsor, arus lalu lintas ke Blangkejeren tetap terhenti. Pihak berwenang akan terus memantau situasi dan memberikan informasi terbaru kepada masyarakat mengenai perkembangan dan ketersediaan jalur alternatif yang dapat digunakan.

Shares: