NewsOlahraga

Logistik pebalap MotoGP Mandalika dijadwalkan datang awal Oktober 2023

Pesawat di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ANTARA/Akhyar Rosidi

POPULARITAS.COM – Logistik pebalap ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dijadwalkan datang pada awal Oktober atau sebelum balapan dimulai pada 13-15 Oktober 2023.

“Logistik MotoGP 2023 akan tiba di Lombok pada 3, 4 dan 5 Oktober 2023,” kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Hariyanto di Praya, Selasa (27/9/2023), dikutip dari laman Antara.

Ia mengatakan, logistik kru dan pebalap ajang MotoGP Mandalika tersebut dibawa dengan menggunakan 4 penerbangan dari Jepang atau setelah balapan seri ke 14 selesai.

“Logistik pebalap melalui jalur udara itu dibawa menggunakan empat pesawat kargo,” katanya.

Bandara Lombok telah siap untuk melayani penerbangan kedatangan logistik maupun kru pebalap serta penonton pada ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, 13-15 Oktober 2023.

“Pada prinsipnya kami siap melayani penerbangan di ajang MotoGP 2023,” katanya.

Ia mengatakan, dari sisi infrastruktur dan pelayanan di bandara dipastikan siap, karena sama dengan yang disiapkan untuk event WSBK maupun MotoGP 2022 serta penerbangan jamaah haji 2023.

Sejumlah infrastruktur penunjang di Bandara Lombok telah ditingkatkan dan telah diuji dengan adanya ajang WSBK 2021 atau WSBK 2022 dan ajang MotoGP 2022.

“Bandara Lombok telah siap untuk melayani kedatangan pesawat ajang MotoGP 2023. Landasan pacu badan telah diperpanjang dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter serta ditingkatkan daya dukungnya,” katanya.

Sebelumnya, sebagian logistik dari Dorna Sports untuk ajang MotoGP yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, mulai berdatangan, Minggu (24/9).

Head of Operation SBU Freight Forwarder dari PT. Angkasa Pura Logistik, Dwi Andrianto mengatakan, logistik tersebut tiba pertama kali di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Provinsi Bali setelah melakukan perjalanan jauh dari Barcelona, Spanyol, melalui jalur pengiriman udara.

“Setelah tiba di bandara, logistik ini kemudian diangkut dengan hati-hati menggunakan truk kontainer menuju sirkuit Mandalika,” katanya.

Ia mengatakan, 3 kontainer logistik untuk MotoGP 2023 dari Barcelona Spanyol untuk logistik kebutuhan Dorna Country Lab seberat 9.095 kilogram tersebut telah tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok.

“Ini merupakan pengiriman logistik pertama untuk kebutuhan MotoGP 2023 di Mandalika, diterbangkan langsung dari Barcelona dan tiba di Bandara International Ngurah Rai Denpasar pada hari Sabtu 23 September 2023 pukul 08.30 WITA,” katanya

Kemudian dipindahkan ke truk untuk selanjutnya di angkut ke Sirkuit Mandalika melalui jalur darat dan tiba pada 24 September dengan aman dan lancar pukul 10.00 WITA di Sirkuit Mandalika.

“Logistik lainnya dikirim secara bertahap,” katanya.

Shares: