HeadlineSepakbola

Madrid ke final Liga Champions usai kalahkan Bayer Muenchen 2-1

Madrid ke final Liga Champions usai kalahkan Bayer Muenchen 2-1

POPULARITAS.COM – Bertanding di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5/2024) dini hari, Real Madrid sukses mengalahkan rivalnya Bayern Muenchen 2-1. Kemenangan tersebut, antar Los Blancos ke final Liga Champions 2023/2024.

Secara agregat, Real Madrid unggul 4-3 usai pada pertandingan di kandang Muenchen mereka berhasil main imbang 2-2. Di final Liga Champions, Borussia Dortmund sudah menunggu anak-anak asuh Carlo Anceloti tersebut.

Pada pertandingan itu, Joselu sukses menyumbangkan dua gol bagi kemenangan Real Madrid. Meski tim tamu unggul terlebih dahulu lewat Antonio Rudiger pada menit ke-67.

Kedua tim tidak membuang-buang waktu dan saling melancarkan serangan sejak kick-off. Real Madrid nyaris mencetak gol pada menit ke-13 lewat tendangan Vinicius Junior di kotak penalti yang masih membentur tiang gawang.

Bola rebound hasil tembakan Vinicius langsung disambar Rodrygo, tetapi kali ini kiper Manuel Neuer masih bisa melakukan penyelamatan brilian dan mencegah gawang dari kebobolan.

Pada menit ke-26, pemain sayap Bayern harus ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera. Thomas Tuchel memasukkan Alphonso Davies sebagai penggantinya. Bayern balik mengancam pada menit ke-30. Tendangan voli keras Harry Kane dari luar kotak penalti bisa ditepis Andriy Lunin dan menghasilkan sepak pojok.

Real Madrid kembali bikin peluang memasuki menit ke-40. Vinicius melepaskan tendangan melengkung dari sisi kiri bisa, tetapi tangan Manuel Neuer masih bisa menjangkaunya dan menghasilkan sepak pojok.

Bayern lebih mendominasi penguasaan bola menjelang akhir babak pertama. Namun, tidak gol yang tercipta hingga turun minum. Skor 0-0 bertahan dengan agregat masih sama kuat 2-2.

Bayern membuka babak kedua dengan peluang pada menit ke-47, akselerasi Davies dari sisi kiri di akhiri dengan tendangan yang masih melenceng setelah diblok pemain Madrid.

Tim tuan rumah balas menyerang pada menit ke-52 melalui aksi solo Vinicius di sisi kiri. Dia masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan yang masih bisa disapu bek Bayern. Semenit kemudian, Harry Kane menggiring bola dan melepaskan tembakan di sisi kanan kotak penalti. Sayangnya Lunin bisa menepis bola.

Rodrygo nyaris membuat Madrid unggul pada menit ke-55 andai saja sentuhannya setelah menerima umpan tarik Vinicius tidak melenceng tipis dari gawang Neuer. Pada menit me-59, Neuer melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan tendangan bebas Rodrygo.

Kiper asal Jerman tersebut tampil brilian setelah kembali melakukan penyelamatan. Kali ini dia menepis tendangan Vinicius dari luar kotak penalti sebelum mengenai tiang dan keluar lapangan pada menit ke-60. Bayern akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit-67. Bermula dari serangan balik, Harry Kane memberikan umpan lambung ke Davies di sisi kiri.

Pemain asal Kanada itu menusuk ke tengah, mengecoh Antonio Rudiger sebelum melepaskan sepakan kaki kanan keras yang tidak bisa dihentikan penjaga gawang Andriy Lunin. Skor menjadi 1-0 (agg 3-2).

Madrid sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Bermula dari sepak pojok Luka Modric, bola ditendang Nacho masuk ke gawang. Namun, gol itu dianulir wasit setelah melihat VAR. Dalam tayangan VAR, Nacho terlihat mendorong leher Joshua Kimmich saat proses terjadi. Skor kembali 1-0 untuk keunggulan Bayern.

Harry Kane mendapatkan kans mencetak gol pada menit ke-76, sebuah serangan balik cepat diakhiri dengan tendangan penyerang Inggris itu di kotak penalti. Upayanya belum membuahkan gol karena masih mengenai sisi gawang. Bayern kembali mengancam gawang Madrid, kali ini sundulan Kim Min-Jae mengenai tiang pada menit ke-84.

Real akhirnya bisa menyamakan kedudukan empat menit kemudian. Tendangan Vinicius dari luar kotak penalti bisa dihentikan Neuer, tetapi bola lepas dari tangannya sebelum disambar pemain pengganti Joselu menjadi gol. Madrid 1-1 Bayern (agg 3-3).

El Real berhasil membalikkan keadaan di masa injury time atau menit ke 90+3. Joselu mencetak gol keduanya setelah mendapatkan umpan tarik dari Rudiger. Wasit garis sempat menganggap gol tersebut offside sebelum wasit utama mengesahkannya dengan bantuan VAR.

Masa injury time selama sembilan menit tidak berhasil membuat Bayern Muenchen mencetak gol penyeimbang. Real Madrid berhak melaju ke final Liga Champions 2023/24. Real Madrid akan menghadapi Borussia Dortmund di partai puncak yang digelar di Stadion Wembley pada 2 Juni 2024.

Shares: