News

Mahfud MD janji perpanjang dana otsus Aceh jika terpilih

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat berada di MZ Coffee Banda Aceh, Rabu (31/1/2024). (Hafiz Erzansyah/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berkomitmen akan memperpanjang dana otonomi khusus (otsus) Aceh jika nantinya menang dalam Pilpres 2024.

Hal tersebut ditegaskan saat menghadiri diskusi “Tabrak Prof” di MZ Coffee Banda Aceh, Rabu (31/1/2024) tadi malam.

Dari data Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia tahun 2023 menyebutkan, Aceh hanya menerima 1 persen dari dana otsus, turun dari Rp 7,56 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp 3,9 triliun.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, pengalokasian dana otsus dari pusat ke Aceh berakhir pada tahun 2027 nanti.

Karena itu, Mahfud menekankan, perpanjangan dana otsus menjadi krusial untuk melanjutkan pembangunan di Tanah Rencong.

Menurut dia, jika dana otsus tak diperpanjang maka akan dapat menghambat proses pembangunan yang saat ini telah berlangsung.

“Di Aceh ini dalam dua tahun mendatang dana otsusnya akan habis, itu akan kita perjuangkan agar dana otsus diperpanjang untuk pembangunan Aceh,” tegasnya.

Perpanjangan itu nanti bisa saja melalui Peraturan Presiden (Perpres) ataupun merubah beberapa pasal dalam undang-undang tersebut.

“Kalau bisa nanti diatur dengan Perpres, kalau tidak kita secepatnya mengubah UU itu atau dalam satu pasal,” ungkapnya.

Seperti halnya perpanjangan dana otsus Papua yang mana perubahan undang-undang dilakukan dengan hanya mengubah satu pasal untuk mempercepat pembahasannya.

“Seperti di Papua itu kan cuma mengubah satu pasal saja, sehingga membahasnya cepat. Aceh juga kemungkinan akan kita lakukan hal yang sama,” ucapnya.

Shares: