NewsPolitik

Malaysia protes RI karena kabut asap, anggota DPR: Teguran keras yang memalukan

Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan. Foto: Humas DPR RI

POPULARITAS.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan menegaskan masalah karhutla yang meluas di Indonesia harus segera diatasi. Ia menyoroti surat protes yang disampaikan Pemerintah Malaysia yang wilayahnya ikut terdampak kabut asap imbas karhutla di Indonesia.

“Protes dari negara tetangga adalah teguran keras yang cukup memalukan, karena bukan baru kali ini saja terjadi. Malaysia dan Singapura sudah seringkali teriak-teriak kabut asap dari Indonesia menyebabkan pencemaran udara di wilayah mereka,” kata Daniel Johan, dikutip dari laman DPR RI, Selasa (10/10/2023).

Protes dari negara tetangga itu dinilai telah mencederai harga diri bangsa. Hal tersebut seperti menunjukkan Indonesia tidak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi di wilayahnya sendiri.

“Negara harus berusaha melakukan langkah terbaik mengatasi karhutla. Kita tidak ingin kegagalan dalam menyelesaikan karhutla mencoreng nama baik Indonesia,” tukas Politisi Fraksi PKB itu.

Ia kemudian meminta Pemerintah melakukan intervensi dari sisi anggaran sehingga masalah karhutla bisa segera rampung.

“Yang paling utama anggaran untuk penanganan harus segera dianggarkan dan mendapat perhatian serius dari lintas kementerian/lembaga, ini permasalahan semua bukan hanya tanggung jawab KLHK,” tegasnya.

Shares: