Edukasi

Mellani minta tak ada lagi tes baca tulis masuk sekolah dasar di Aceh

Mellani minta tak ada lagi tes baca tulis masuk sekolah dasar di Aceh

POPULARITAS.COM – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Mellani Subarni, minta sekolah tidak lagi menerapkan aturan tes baca tulis dan berhitung (Calistung) saat anak-anak masuk sekolah dasar (SD).

Hal tersebut disampaikan Mellani saat berkunjung ke SDN 1 Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu (5/6/2024).

Dia mengatakan, praktek calistung tidak boleh lagi diberlakukan sebagai syarat penerimaan murid baru di sekolah dasar.

“Calistung tak boleh ada lagi. Saat ini, syarat penerimaan murid baru berdasarkan zonasi dan tempat tinggal,” katanya.

Dia menyebutkan, saat anak pertama kali masuk SD, maka hal yang harus diajarkan adalah pengenalan lingkungan sekolah. Nah, pada momen tersebut, orang tua harus dilibatkan oleh pihak sekolah.

Begitu juga untuk anak-anak kelas 1 dan 2 di bangku SD, tidak boleh dipaksakan belajar membaca, menulis dan berhitung, akan tetapi setiap guru menerapkan metode pembelajaran sambil bermain.

Sebab, sambungnya kemudian, pada usia anak kelas 1 dan 2 SD, kematangan emosi, ketrampilan bahasa, pengenalan sosial, nilai agama dan kognitif harus lebih diutamakan.

Nah, inilah tugas kita semua untuk mensosialisasikan program transisi belajar yang menyenangkan dari PAUD ke SD, imbuhnya. Dalam kesempatan itu, Ia juga menjelaskan program transisi belajar yang menyenangkan dari PAUD ke SD yang dinstruksikan Pemerintah kepada pihak sekolah.

Mellani mengatakan, program transisi belajar yang menyenangkan dimulai sejak anak mendaftar masuk ke Sekolah Dasar. Untuk itu, dirinya berharap, program transisi belajar yang menyenangkan itu dapat diterapkan dengan lancar di Kabupaten Aceh Jaya.

Shares: