NewsSepakbola

Meneg BUMN Erick Thohir dipastikan daftar Ketum PSSI

Sejumlah nama bakal calon Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027 mulai bermunculan. Salah satunya kandidat yang dipastikan akan mendaftar memimpin organisasi olahraga sepakbola ditanah air itu adalah Menteri BUMN Erick Thohir atau dikenal luas ET.
Meneg BUMN Erick Thohir dipastikan daftar Ketum PSSI
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) saat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (5/10/2022). Foto: PSSI

POPULARITAS.COM – Sejumlah nama bakal calon Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027 mulai bermunculan. Salah satunya kandidat yang dipastikan akan mendaftar memimpin organisasi olahraga sepakbola ditanah air itu adalah Menteri BUMN Erick Thohir atau dikenal luas ET.

Kepastian ET mendaftar bakal calon Ketum PSSI disampaikan oleh salah satu anggota Executif Commite (Exco) organisasi itu, Hasaini Abdulgani. Dalam keterangannya, Minggu (15/1/2023), ET memastikan akan mendaftarkan diri pada hari ini juga. 

“Iya, hari ini beliau daftar, dan memastikan diri ikut dalam bursa pemilihan,” terangnya.

Meski demikian, Hasani belum dapat memastikan berapa dukungan dari pemilik suara (voter) sehingga Erick dapat maju ke bursa pemilihan Ketua Umum PSSI. “Belum tahu (berapa voter-red),” kata pria asal Aceh itu.

Jika pendaftaran itu sesuai rencana, maka Erick menjadi orang kedua yang namanya masuk dalam bakal calon ketua umum PSSI.

Sebelumnya, Jumat (13/1), Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti sudah mendaftarkan diri.

Berbeda dengan Erick, La Nyalla merupakan orang yang berpengalaman di PSSI. Dia sempat menjabat sebagai Ketua Umum PSSI pada tahun 2015 sebelum akhirnya PSSI dibekukan pemerintah Indonesia yang berujung sanksi pencabutan keanggotaan oleh FIFA.

Sementara Erick memiliki jejak di kancah persepakbolaan internasional. Pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha itu pernah memiliki salah satu klub terbesar di Eropa, Inter Milan.

Dirinya juga sempat mempunyai saham mayoritas di klub Liga Amerika Serikat, MLS, DC United.

Di Indonesia, Erick sebagai bos Mahaka Sports pernah menggelar Piala Presiden pada tahun 2015 untuk mengisi kekosongan kompetisi karena PSSI disanksi oleh FIFA.

Adapun Kongres Luar Biasa PSSI untuk pemilihan jajaran anggota baru Komite Eksekutif PSSI, termasuk ketua umum, akan digelar pada 16 Februari 2023.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: