News

Menggambar, Cara Mudah Atasi Kecemasan

Ilustrasi. (net)

POPULARITAS.COM – Ketika menunggu seseorang di restoran atau tempat kerja, apa yang biasanya kamu lakukan? Mungkin, banyak dari kita akan mengaktifkan ponsel dan menggulir sosial media sembari menunggu seseorang yang belum datang ke tempat yang sudah ditentukan.

Faktanya, kamu bisa melakukan aktivitas lain saat menunggu, seperti menggambar sesuatu.  Sebagian orang tidak menyadari jika menggambar adalah terapi seni yang sederhana.

Terapi seni mengacu pada setiap penggunaan seni untuk tujuan terapeutik, termasuk meredakan kecemasan dan stres.

Secara teori, menggambar, mewarnai, melukis, dan memahat dapat membantu kita menyesuaikan dan mengekspresikan perasaan menyakitkan yang sulit diungkapkan. Menggambar dan mewarnai bisa menjadi cara yang berguna bagi setiap individu untuk mengelola gejala kecemasan.

Diperkirakan, terapi seni sudah diperkenalkan sejak pertengahan 1900-an. Terapi ini diperkirakan sudah membantu banyak orang mengatasi berbagai gejala kesehatan mental.

Kelly Lynch, konselor kesehatan mental berlisensi dan terapis seni terdaftar di Seattle, Washington, Amerika menjelaskan manfaat dari terapi seni.

Ia mengatakan, terapi tersebut bisa membantu kita mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang diri kita, baik melalui proses kreatif maupun karya seni yang dihasilkan. “Proses kreatif mempromosikan perspektif baru yang berada di luar struktur bahasa,” kata Lynch.

Seni menggunakan metafora, simbolisme, dan pemikiran dinamis untuk merepresentasikan pengalaman manusia dengan cara yang tidak bisa diterjemahkan ke dalam kata-kata.

“Ini sangat penting bagi orang yang merasa sulit mengungkapkan emosi atau perasaan dirinya.”

Terapi seni memiliki sejumlah manfaat, seperti:

Shares: