News

Menlu Retno Marsudi temui Komisioner Tinggi PBB bahas isu Rohingya di Aceh

Menlu Retno Marsudi temui Komisioner Tinggi PBB bahas isu Rohingya di Aceh
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri) bertemu dengan Komisioner Tinggi UNHCR Filippo Grandi (kanan) di Kantor PBB di Jenewa, Swiss, pada Senin (11/12/2023). FOTO : Kemenlu RI

POPULARITAS.COM – Kementrian Luar Negeri RI serius menanggapi gelombang imigran Rohingya yang masuk ke Indonesia beberapa waktu belakangan. Tercatat setidaknya lebih dari 1.200 etnis tersebut masuki perairan negara ini dan sebagian lewat Aceh.

Keseriusan pemerintah tanggapi isu imigran Rohingya, Menlu RI Retno Marsudi, secara khusus temui Komisioner Tinggi PBB untuk pengungsi Filipo Grandi di Jenewa Swiss, Senin (11/12/2023).

Kementruan Luar Negeri RI dalam keterangan persnya, Rabu (13/12/2023) mengatakan, dalam pertemuan itu, Retno Marsudi soroti gelombang pengungsi Rohingya yang bertubi-tubi masuk ke Indonesia. Menurut Menlu RI, diduga kuat masalah penyelundupan dan perdagangan manusia.

“Dan saya sampaikan, terdapat dugaan kuat masalah penyelundupan dan perdagangan manusia,” kata Menlu Retno, dikutip dari laman Antara.

Selama pembicaraan empat mata yang dilakukan dengan sangat terbuka tersebut, Retno menyebut Grandi sangat memahami tantangan yang dihadapi Indonesia.

Grandi berjanji bahwa UNHCR akan berusaha semaksimal mungkin membantu untuk menyelesaikan masalah ini, antara lain dengan memberikan bantuan untuk mendukung kehidupan para pengungsi tersebut.

“Saya juga menyampaikan kepada UNHCR untuk terus mendesak negara pihak Konvensi Pengungsi untuk segera mulai menerima resettlement sehingga beban tidak bergeser ke negara lain seperti Indonesia,” tutur Retno.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: