News

Meskipun Covid-19, Perayaan HUT RI Tetap Digelar di Pijay

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, memastikan perayaan HUT RI ke-75 tetap dilaksanakan meskipun sedang pandemi Covid-19. Meskipun pelaksanaan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya perayaan dilaksanakan di lapangan bola kaki Kota Meureudu, tepatnya depan pendopo Bupati Pidie Jaya dihadiri ribuan masyarakat. Perayaan tahun ini dilaksanakan di halaman kantor Bupati Pidie Jaya, bahkan peserta yang hadirpun dibatasi secara ketat.

Peserta yang hadir Forkopimda, tim pengamanan perayaan HUT RI ke-75 dari unsur Polisi dan TNI masing-masing hanya 10 orang. Selain itu para Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Pidie Jaya, yang boleh hadir hanya tingkatan eselon II.

Kebijakan tersebut diambil guna mencegah berkumpulnya orang dalam jumlah yang besar, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pidie Jaya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbanhpol) Kabupaten Pidie Jaya, A Jalil Samidan menyebutkan, jika perayaan HUT RI tahun-tahun sebelumnya dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

“Perayaan HUT RI tahun ini di Pidie Jaya dilaksanakan pukul 07.00 WIB, di halaman kantor Bupati,” kata A Jalil, Jumat 14 Agustus 2020.

Selain itu, mengingat kondisi pandemi Covid-19, jumlah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pun dikurangi. “Jauh berbeda, kalau dulu pasukan yang mengiringi penaikan bendera 70 orang, untuk HUT tahun ini hanya tiga orang,” jelasnya.

Lanjutnya, jika sebelumnya, animo masyarakat untuk mengikuti HUT RI sangat tinggi, namun di tahun 2020 ini, warga yang menginginkan untuk menyaksikannya dapat menonton secara online.

Bahkan hiburan rakyat yang biasanya rutin dilakukan pada perayaan HUT RI seperti panjat pinang dan sebagainya pun ditiadakan, mengingat kondisi pandemi Covid-19.[acl]

Shares: