News

Muara Lhok Pawoh dangkal, nelayan di Abdya kesulitan melaut

Kondisi muara Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, Abdya yang mengalami dangkal, Senin (24/7/2023).

POPULARITAS.COM – Nelayan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) harus bersusah payah untuk pergi melaut lantaran muara Lhok Pawoh di wilayah itu mengalami dangkal. Jika hendak melalui, mereka harus menunggu air pasang.

Muara yang mengalami dangkal tersebut berada di Desa Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, Abdya. Kondisi ini sudah berlangsung beberapa tahun terakhir, dan yang paling parah sejak sebulan terakhir ini.

Kondisi muara dangkal itu disampaikan Panglima Laot Lhok Kecamatan Manggeng, Abdya, T Azman kepada popularitas.com, Senin (24/7/2023).

“Kondisi dangkal ini sudah terjadi sejak lima tahun lalu, namun yang paling parah setelah lebaran ini,” ujar Azman.

Azman menyebutkan bahwa muara Lhok Pawoh dilewati oleh ratusan boat di Abdya untuk bersandar di dermaga kawasan itu. Dangkalnya muara ini, kata dia, juga berdampak pada seribuan nelayan.

“Tentunya ini menganggu perekonomian nelayan di daerah kami,” tutur Azman.

Akibat muara dangkal tersebut, Azman menyebut tak sedikit kapal nelayan yang mengalami mogok saat hendak masuk dermaga atau hendak pergi melaut.

“Selama ini saat ada boat mogok, kami gotong royong bersama-sama dengan cara menarik dengan boat lain atau kadang-kadang menunggu air pasang,” jelasnya.

Azman berharap kondisi muara dangkal tersebut dapat diketahui dan ditindaklanjuti oleh pemerintah. Ia mengeklaim bahwa ada seribuan nelayan di Abdya yang berharap muara tersebut dikeruk lebih dalam lagi.

“Mudah-mudahan pemerintah mengatasi hal ini,” harap Azman.

Shares: