FeatureNews

Murziana dan Nailus wujudkan mimpi melalui beasiswa PT SBA

Murziana dan Nailus wujudkan mimpi melalui beasiswa PT SBA
Murziana, mahasiswa Teknik Sipil USK, penerima beasiswa PT SBA

POPULARITAS.COM – Sejak dibangku SMP, Murziana miliki cita-cita konsultan perencana sipil. Tak mudah bagi dirinya gapai keinginannya tersebut dapat diwujudkan. Apalagi, secara ekonomi Ia menyadari betul keluarganya kurang berkecukupan untuk mendukung apa yang ingin diraihnya itu.

Sebagai anak yang pintar sejak di SMP, Murziana pun mendapatkan kesempatan tes mendapatkan beasiswa dari PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA). Lewat serangkaian proses, akhirnya Ia secara resmi menjadi salah satu pelajar yang peroleh beasiswa dari perusahaan yang memproduksi semen Andalas tersebut.

Sebagai salah satu pelajar di Aceh Besar yang saban tahun menerima beasiswa dari PT SBA, membuat Murziana makin rajin dan tekun belajar. Kesempatan tersebut tak Ia sia-siakan guna mewujudkan cita-cita yang telah Ia impikan sejak SMP.

Tahun demi tahun, Murziana menapaki jenjang pendidikan SMP hingga akhirnya tamat SMA. Ia pun melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, dan dinyatakan lulus di Fakultas Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala (USK).

Kini, Murziana (20), telah menginjak semester 7 sebagai mahasiswi di Jurusan Teknik Sipil USK. Mimpinya sejak SMP untuk jadi konsultan perencana sebentar lagi akan terwujud. Saat ini, perempuan itu sedang menjalankan tgas Kerja Praktek (KP), dan Ia memilih PT SBA sebagai tempatnya mengasah ilmunya.

“Saat dibangku kuliah, saya juga dapat beasiswa dari PT SBA,” ungkap Murziana.

Ia menyebutkan, dana beasiswa yang Ia peroleh dari PT SBA, sangat membantu dirinya. Terutama dalam pemenuhan berbagai kebutuhan pendidikan berupa perlengkapan untuk menunjang aktivitasnya sebagai mahasiswa.

Nailus Sa’adah , penerima beasiswa EVE PT SBA

Dirinya juga menuturkan, dana beasiswa dari PT SBA tersebut, nantinya akan digunakannya untuk mendukung kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Alhamdulillah, terimakasih PT SBA atas dukungannya selama ini membantu wujudkan cita-cita saya,” ujar Murziana.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Nailus Sa’adah (23), berkat beasiswa PT SBA melalui dan program Enterprise-based vocational education (EVE), alumni SMA 1 Lhoknga ini bisa lanjutkan dan menamatkan kuliahnya yang sempat terancam akibat kendala dana.

Lewat beasiswa EVE, Nai begitu nama perempuan itu disapa, berhasil menuntaskan pendidikannya lewat jalur EVE selama tiga tahun.

Beasiswa EVE membuat dirinya lebih fokus pada dunia kerja, sebab selama tiga tahun Ia ditempa dan diajarkan hal-hal terkait dengan praktek lapangan, dari proses mekanisasi, permesinan dan kelistrikan.

Nai menjelaskan bahwa, beasiswa EVE fokus pada peningkatan skil para penerimanya. Karena itu, para alumni EVE lebih mudah diterima didunia kerja dan banyak dibutuhkan perusahaan manufaktur yang bergerak diberbagai bidang industri, seperti semen, pertambangan dan perminyakan.

Kini, Nai telah peroleh predikat diploma tiga bidang teknik mesin, lewat ilmu yang Ia peroleh, saat ini dirinya telah bekerja dan bisa membantu ekonomi keluarga.

PT SBA komit ciptakan generasi unggul

Menciptakan generasi unggul di lingkungan perusahaan, merupakan komitmen PT SBA. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), perusahan tersebut ingin memberikan nilai tambah bagi masyarakat, terutama warga Lhoknga dan Leupung.

General Manager PT SBA Mochamad Anwar Bakti menyebutkan, pihaknya menginginkan kemajuan perusahaan dapat memberikan nilai tambah bagi warga sekitar. Karna itu, berbagai program CSR yang diterapkan pihaknya disandarkan pada kebutuhan masyarakat.

PT SBA dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh teken MoU wujudkan Kampus Merdeka
GM PT SBA Anwar Bakti dan Rektor UIN Ar Raniry Prof Mujiburrahman saat menandatangani MoU wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Pabrik Semen Lhoknga, Senin (28/8/2023). FOTO : Humas PT SBA

Salah satu Pilar perusahaan adalah SBA Cerdas, melalui hal itu, sejumlah program dicanangkan dan digulirkan agar memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti beasiswa dan juga EVE.

Dalam kurun waktu 2012-2023 atau 11 tahun, PT SBA telah menyalurkan beasiswa kepada 4.500 pelajar dari berbagai tingkatan di Kecamatan Lhoknga dan Leupung.

Kami tentu saja berharap, program beasiswa yang dijalankan perusahaan, dapat melahirkan generasi unggul, berkompeten dan berwawasan luas. Sehingga, nantinya para generasi Muda di daerah ini dapat bersaing di tingkat global dan mengabdikan ilmunya untuk membangun daerahnya sendiri agar berkembang dan maju, demikian Anwar Bakti.

Editor : Hendro Saky

Shares: