News

Pasien Positif Corona di Bireuen tak Melapor Saat Pulang dari Medan

Korea Selatan Bantu Indonesia Alat PCR, Bisa Periksa 32.200 Pasien Corona
Ilustrasi. (foto: pasardana)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seorang warga Kabupaten Bireuen berinisial O (25), yang dinyatakan kembali positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 tidak melapor saat pulang dari Medan, Sumatera Utara.

“Beliau lupa melapor, karena mungkin perhitungannya karena dia sudah sembuh, perhitungannya sudah sembuh untuk apa melapor,  karena dia sudah lakukan karantina dan melakukan berobat,” kata Jubir Covid-19 Bireuen, Husaini saat dihubungi, Selasa, 5 Mei 2020.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu pasien tersebut sudah berobat di Medan dan kondisinya terus membaik. Karena sudah dianggap negatif, pasien tersebut memilih pulang ke kampung halamannya di Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

“Jadi menurut perhitungannya dia sudah sembuh, untuk apa dilapor lagi gitu,” sebut Husaini.

Dalam kesempatan itu, Husaini juga meluruskan bahwa saat pulang ke Bireuen dua hari lalu, tidak benar bahwa pasien tersebut sudah berkeliaran di sejumlah warung kopi di kota itu.

Menurut Husaini, foto-foto pasien yang kini viral di media sosial adalah dokumen lama saat ia duduk bersama teman-temannya.

“Ini yang di ujung itu bukti data-data tahun 2017, 2018, 2019. Dia yang terakhir itu Januari 2019. Jadi, bukan foto saat dia pulang dua hari lalu,” jelas dia.

Diberikatan sebelumnya, pasien berinisial O yang kembali positif terinfeksi virus corona dikabarkan bertugas sebagai ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Kabar ini beredar luas di sejumlah group WhatsApp komunitas dan organisasi warga Kabupaten Bireuen.

Namun, Juru Bicara Tim Covid-19 Kabupaten Bireuen, Husaini saat dikonfirmasi tak berani mengatakan bahwa pasien tersebut ajudan Wagub Sumut Musa Rajekshah. Ia hanya menyebut bahwa pasien berprofesi sebagai ASN di Pemprov Sumut.

“Dia memang benar kerja sebagai ASN di Sumatera Utara, kita tidak tahu (ajudan atau bukan), pokoknya dia benar seorang ASN di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: