NewsOlahraga

Pemda Aceh harap kejuaraan catur lahirkan atlet nasional

Pemerintah Aceh malui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh berharap Kejuaraan Catur Aceh 2022 yang berlangsung di Banda Aceh, 2-7 Juni 2022, melahirkan atlet andal yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Atlet mengikuti kejuaraan Catur Aceh Open 2022 di Sigli, Kabupaten Pidie, Kamis (3/3/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh berharap Kejuaraan Catur Aceh 2022 yang berlangsung di Banda Aceh, 2-7 Juni 2022, melahirkan atlet andal yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Hal tersebut disampaikan Kadispora Aceh, Dedy Yuswadi, AP yang diwakili Safrita saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Kejuaraan Catur Aceh 2022 di Grand Aceh Hotel, Landom, Banda Aceh, Kamis (2/6/2022).

“Kita berharap kegiatan catur ini dapat berlangsung sukses, tentu saja dapat melahirkan atlet-atlet yang andal baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Safrita.

Dalam kesempatan itu, Safrita juga menyampaikan bahwa selama ini olahraga dikenal mengandalkan fisik dalam bertarung. Namun, hal ini tak berlaku di olahraga catur, yang mengandalkan otak.

“Olahraga catur ini mengandalkan dan melatih otak, pikiran kita harus fokus, bagaimana kita harus melangkah lebih cepat, bagaimana kerja otak kita di tengah waktu yang sempit,” ujarnya.

“Tentu hal ini merupakan suatu yang tidak semua orang bisa melakukannya, hanya orang-orang yang mempunyai intelejensia, yang mempunyai otak yang cerdas yang dapat melaksakanan khususnya olahraga cabang catur ini,” tegas Safrita.

Kejuaraan Catur Aceh 2022 yang memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah ini terlaksana atas kerjasama Dispora Aceh dengan Pengurus Provinsi Percasi Aceh.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Percasi Aceh, Ihsanuddin MZ mengatakan, turnamen catur tersebut merupakan ajang pembinaan sekaligus uji coba bagi atlet catur Aceh.

“Kejuaraan ini juga program Pengurus Provinsi Percasi Aceh menggalakkan dam memajukan olahraga catur. Kejuaraan ini diharapkan menjadi ajang uji coba bagi atlet catur Aceh meningkatkan kemampuannya,” ujarnya.

Selain itu, juga pemanasan bagi atlet Aceh yang mengikuti pemusatan latihan daerah atau pelatda Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, di mana Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Ihsanuddin mengatakan Kejuaraan Catur Aceh 2022 juga ajang pemanasan bagi atlet yang lolos Pekan Olahraga Aceh (PORA) di Kabupaten Pidie pada tahun ini.

“Sebagai ajang uji coba, panitia mengundang tiga atlet catur muda berprestasi di tingkat nasional. Mereka akan bertanding dengan atlet Aceh dalam kejuaraan tersebut,” kata Ihsanuddin.

Shares: