News

Semua awak kapal rute Langsa-Thailand yang hilang kontak ditemukan selamat

Basarnas Banda Aceh menyatakan, lima awak kapal KM Frikenra rute Langsa-Thailand yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak di perairan Selat Malaka, kini semuanya ditemukan selamat.
Basarnas Banda Aceh pada Rabu (1/6/2022) melakukan pencarian awak KM Frikenra rute Langsa-Thailand yang hilang kontak di perairan Selat Malaka. (Dok. Basarnas Banda Aceh)

POPULARITAS.COM – Basarnas Banda Aceh menyatakan, lima awak kapal KM Frikenra rute Langsa-Thailand yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak di perairan Selat Malaka, kini semuanya ditemukan selamat.

“Pada tanggal 2 Juni 2022 pukul 22.00 WIB, Basarnas Banda Aceh terima info tentang penemuan korban kelima atas nama Muhammad Yusuf (41) dalam kondisi selamat,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono, Jumat (3/6/2022).

Ia mengatakan, korban ditemukan pada Selasa (31/5/2022) pukul 23.00 WIB oleh kapal pukat Malaysia PKFP 1856 di Perairan Pulau Penang pada koordinat 05°01′ N – 99°19′ E.

Selanjutnya, ujar Budiono, korban dibawa ke pangkalan kapal ikan tersebut di kawasan hutan Melintang, Perak, Malaysia.

Dengan ditemukan lima korban tersebut, kata Budiono, Basarnas Banda Aceh berkoordinasi dengan ILO TNI di Penang untuk mengevakuasi korban dan diserahkan kepada pihak Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk proses repatriasi kembali ke Tanah Air.

Kemudian, pada Kamis (2/6/2022) pukul 23.00 WIB, Operasi SAR kecelakaan KM Frikenra di perairan Selat Malaka diusulkan ditutup dengan hasil seluruh korban ditemukan selamat dan seluruh unsur SAR kembali ke kesatuan masing-masing.

“Terimakasih kepada seluruh unsur SAR Indonesia dan Malaysia yang telah terlibat dalam pelaksanaan operasi tersebut,” ucap Budiono.

Shares: