News

Pemkab Aceh Besar pasok 16 ribu liter air bersih ke Lhoknga, Pj Bupati Muhammad Iswanto surati MPU sholat istisqa

Pemkab Aceh Besar pasok 16 ribu liter air bersih ke Lhoknga, Pj Bupati Muhammad Iswanto surati MPU sholat istisqa

POPULARITAS.COM – Kekeringan disejumlah kecamatan di Aceh Besar belum berakhir. Wilayah Lhoknga di kabupaten tersebut, sangat terdampak akibat kemarau yang melanda. Untuk itu, pemerintah setempat gerak cepat dengan memasok air bersih ke gampong-gampong di kawasan tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar bersama dengan PDAM Tirta Mountala, Sabtu (29/6/2024) telah mendistribusikan sebanyak 16 ribu liter air bersih ke sejumlah gampong di Lhoknga.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil dalam keterangannya, Minggu (30/6/2024) mengatakan, Pj Bupati Muhammad Iswanto sangat menaruh atensi dan perhatian besar terhadap persoalan kekeringan yang melanda gampong-gampong di Lhoknga.

Karna itu, dirinya diperintahkan secara langsung untuk memonitoring kawasan-kawasan terdampak dan untuk segera melakukan suplai air bersih kepada warga yang membutuhkan. “Kita siapkan empat armada untuk standby distribusi air bagi warga,” katanya.

Ia menyebutkan, suplai 16 ribu liter air bersih, telah distribusikan ke empat gampong di Lhoknga, meliputi, Lancok, Seubun Ketapang, Lambaro Suebun dan Meunasah Manyang. “Kita kerahkan tim yang siap 24 jam memasitkan kebutuhan air bersih bagi warga. Ini sesuai dengan arahan Pj Bupati Aceh Besar,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan, persoalan kekeringan di sejumlah kawasan di wilayahnya, harus segera dicarikan solusi yang sifatnya berkelanjutan.

Untuk itu, pihaknya telah menyurati Dinas Perkim Aceh untuk bisa membangun embung air bersih di Krueng Raba. Selain itu juga, dirinya telah berkirim surat kepada Pj Gubernur Aceh untuk penambahan kapasitas produksi air dengan pembangunan WTP baru.

Hal lainnya, saat ini, Dinas PUPR Aceh Besar telah melakukan survei di sejumlah titik di kawasan tersebut, sehingga nantinya bisa dibangunkan sumur bor, tambahnya.

Ikhitar-ikhtiar tersebut, diharapkan dapat jadi solusi permanen yang nantinya jadi solusi bagi wilayah di Aceh Besar yang selama ini kerap alami persoalan kekeringan, sebutnya lagi.

Langkah lainnya, selain ikhtiar, pihaknya juga telah menyurati MPU Aceh Besar, untuk meminta pertimbangan agar disejumlah kemukiman di Lhoknga, bisa diselenggarakan sholat minta hujan atau istisqa. “Ikhtiar dan doa harus selaras kita lakukan,” ujarnya.

Shares: