KesehatanNews

Pentingnya komitmen pada aktivitas seksual yang sehat

Pentingnya komitmen pada aktivitas seksual yang sehat
Ilustrasi - pentingnya penggunaan alat kontrasepsi kondom untuk cegah infeksi menular seksual (IMS) (ANTARA/Pexels)

POPULARITAS.COM – Psikolog Inez Kristanti mengingatkan setiap pasangan mengenai pentingnya komitmen pada aktivitas seksual yang sehat dan bertanggung jawab sebab akan berdampak baik terhadap psikologis yang mempengaruhi fungsi dan performa seksual seseorang.

“Jika orang tersebut merasa aman dan nyaman ketika berhubungan, maka ini dapat membantu meningkatkan intimasi dan kedekatan emosional baginya dan pasangan. Inilah mengapa setiap pasangan perlu berkomitmen pada aktivitas seksual yang sehat dan bertanggung jawab,” kata dia, dikutip dari laman Antara, Rabu (8/2/2023).

Sebuah riset dari Universitas Airlangga Tahun 2021 menyebutkan bahwa perubahan jadwal kerja yang signifikan saat pandemi, stabilitas keuangan, kesehatan fisik, hingga kesehatan mental telah memberikan pengaruh yang cukup serius pada perilaku seksual pasangan Indonesia dan kualitasnya.

Pasangan di Indonesia juga semakin eksploratif dalam menjawab kebutuhan seksual dan romantisme. aktivitas movie and chill, cuddling, dan staycation merupakan beberapa aktivitas yang mulai digandrungi beberapa tahun ke belakang.

Sayangnya, survei Pleasure Gap Tahun 2022 oleh Durex yang mayoritasnya adalah pasangan menikah, menemukan bahwa 49,53 persen responden pasangan Indonesia menyatakan tidak setuju bahwa kondom perlu selalu digunakan.

Padahal, aktivitas seksual yang senantiasa meningkat selama dua tahun ke belakang yang kerap tidak terproteksi, tentunya merupakan aktivitas yang berisiko terhadap infeksi menular seksual (IMS) termasuk HIV/AIDS dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Melihat fenomena tersebut, Durex berupaya mengedukasi masyarakat akan pentingnya aktivitas seksual yang sehat dengan penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi modern yang dapat melindungi dari IMS dan efektif mencegah HIV serta mudah ditemukan di mana saja.

Durex’s Pleasure Gap Study pun menemukan bahwa 71,21 persen responden merasa terlindungi saat berhubungan seksual menggunakan kondom dan 59,81 persen merasa bahwa pengalaman seksual mereka meningkat signifikan karena pasangan mereka menggunakan kondom.

Healthcare Category Lead Reckitt Indonesia Luki Febriyanti mengatakan pihaknya percaya bahwa perasaan terlindungilah yang sangat membantu para pasangan untuk menikmati hubungan seksual.

“Di Reckitt, kami percaya bahwa seks yang menyenangkan dan aman should be made available for everyone, terlepas dari siapapun yang menikmatinya. Dalam mencapai misi tersebut, kami teguh akan komitmen kami dalam membuat produk berkualitas kami mudah diakses oleh siapapun,” ujar Luki.

Shares: