News

Petugas masih sering temukan jemaah haji tak tahu arah pulang ke hotel

Petugas haji Indonesia masih sering menemukan jamaah yang tidak tahu atau tersesat saat akan kembali pulang ke hotel atau pemondokan, selepas melakukan berbagai kegiatan seperti shalat di Masjid Nabawi.
Jemaah haji Aceh mulai diberangkatkan ke Madinah
Suasana Masjid Nabawi, Madinah pada musim haji 2022. Foto: M. Nasril

POPULARITAS.COM – Petugas haji Indonesia masih sering menemukan jemaah yang tidak tahu atau tersesat saat akan kembali pulang ke hotel atau pemondokan, selepas melakukan berbagai kegiatan seperti salat di Masjid Nabawi.

“Sampai saat ini, masih banyak jemaah yang diketahui bingung arah pulang ke hotel atau pemondokannya. Hal itu terjadi setelah habis salat di Masjid Nabawi atau setelah keluar hotel,” ujar Sekretaris Daker Madinah Abdillah MT dalam keterangan, dikutip dari laman Antara, Selasa (14/6/2022).

Abdillah mengatakan sebagian besar jemaah yang lupa arah pulang karena tidak membawa kartu nama hotel yang sudah dibagikan. Padahal, kartu nama hotel itu bisa menjadi sarana untuk bertanya kepada petugas yang ada di sekitaran Masjid Nabawi.

“Mereka kebanyakan jemaah yang belum pernah umrah atau berhaji. Mereka biasanya tidak memperhatikan orientasi arah khususnya terkait pintu di Masjid Nabawi,” kata dia.

Maka dari itu, Abdillah membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan jemaah jika lupa arah pulang ke hotelnya. Jemaah calon haji diminta tetap tenang, tidak perlu panik, sebab banyak petugas haji Indonesia di sekitar Masjid Nabawi.

Kemudian, wajib membawa kartu nama hotel dan tunjukkan saat bertanya kepada petugas yang ada di sekitar Masjid Nabawi. Hal yang bisa dilakukan lagi yakni kenali patokan/penanda yang mengarah pada hotel tempat tinggal.

“Cari petugas sektor khusus Nabawi, pakai rompi hitam bertuliskan Petugas Haji Indonesia,” kata dia.

Shares: