News

Pj Bupati Aceh Besar dampingi Pj Gubernur Bustami Hamzah hadiri upacara peringatan Hari Otda ke-28 di Surabaya

Pj Bupati Aceh Besar dampingi Pj Gubernur Bustami Hamzah hadiri upacara peringatan Hari Otda ke-28 di Surabaya
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, saat hadiri peringatan upacara hari otonomi daerah (Otda) ke-28 di Surabaya, Kamis (25/4/2024). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, ikut mendampingi Pj Gubernur Bustami Hamzah, hadiri upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-28 di Surabaya. Acara tersebut, dihadiri secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Upaca puncak peringatan Hari Otda ke-28, dilangsungkan di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024), selain Muhammad Iswanto, sejumlah penjabat bupati dan walikota dari Aceh yang ikut hadir di acara tersebut yakni, Pj Walikota Sabang, Pj Walikota Langsa, Pj Bupati Aceh Jaya, Pj Bupati Tamiang, Pj Bupati Aceh Barat Daya, Pj walikota Subulussalam, Pj Bupati Aceh Tenggara, PJ Bupati Aceh Utara dan Pj Walikota Lhokseumawe.

Saat menjadi inspektur upacara, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan bahwa, kebijakan otonomi daerah telah berjalan selama 25 tahun. Waktu tersebut menjadi momentum bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi, dan tujuan dari pelaksanaan otda di Indonesia.

Dalam sistem NKRI, tambah Mendagri, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, mengatur tentang hak, wewenang, dan kewajiban daerah sebagai wilayah otonomi dalam mengatur dan mengurus sendiri segala urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat.

Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society, demikian Mendagri Tito Karnavian.

Shares: