News

Pj Bupati Aceh Besar ziarah ke Makam Pahlawan Nasional T Nyak Arief

Pj Bupati Aceh Besar ziarah ke Makam Pahlawan Nasional T Nyak Arief
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat tabur bunga dan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional T Nyak Arief di Gampong Lamreung, Krueng Barona Jaya, Rabu (16/8/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, didampingi istri dan sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan daerah, lakukan ziarah dan tabur bunga di Malam Pahlawan Nasional T Nyak Arief, di Gampong Lamrengung, Krueng Barona Jaya, Rabu (16/8/2023)

Acara ziarah dan tabur bunga itu, dilangsungkan dalam rangka peringati HUT RI ke-78. Hadir juga dalam kesempatan itu unsur SKPA dan sejumlah anggota DPRK Aceh Besar.

Teuku Nyak Arief adalah Pahlawan Nasional yang berasal dari Aceh, menurut sejarah ia lahir di Ulee Lheue, Banda Aceh dan meninggal di Takengon pada tahun 1946. Teuku Nyak Arief merupakan Residen/Gubernur Aceh pertama pada periode 1945 sampai 1946. 

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, ia dipilih menjadi wakil pertama dari Aceh dalam Volksraad (Dewan Rakyat). Sejak 1932, ia telah memimpin gerakan di bawah tanah untuk menentang penjajahan Belanda di Aceh. 

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan bingkisan kepada ahli waris pahlawan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Besar kepada para hali waris pahlawan nasional.

Muhammad Iswanto mengajak semua pihak untuk selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mendarmabaktikan pengabdian terbaik mereka untuk bangsa dan agama dan tanah air. 

“Mari kita selalu menjadikan pahlawan sebagai teladan dalam kehidupan ini,” ajak Iswanto.

Selain itu, Iswanto juga mengajak para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan yang positif dan memiliki makna kebersamaan sebagai wujud melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

“Mari kita isi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, sebagai generasi penerus bangsa, kita semua memiliki tanggung jawab besar melanjutkan perjuangan para pahlawan meskipun tidak lagi dengan senjata,” pungkasnya.

Rangkaian peringatan HUT ke 78 RI tahun 2023 akan dilanjutkan dengan upacara bendera pada esok hari di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho.

Shares: