EkonomiNews

Pj Bupati panen padi MT Gadu di Simpang Tiga Aceh Besar

Pj Bupati panen padi MT Gadu di Simpang Tiga Aceh Besar
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswato, didamping Kepala DInas Pertanian Jakfar, saat panen MT Gadu tahun 2023 di Kecamatan SImpang Tiga, Kamis (12/10/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Petani di Simpang Tiga, Aceh Besar, gelar panen padi MT Gadu 2023. Kegiatan tersebut, dihadiri secara langsung oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto. Luas areal tanam musim gadu di kecamatan itu 120 hektar.

Selain dihadiri Pj Bupati Muhammad Iswanto, sejumlah tokoh lainnya ikut hadir dalam panen tersebut, seperti Kajari Aceh Besar, Kepala BMKG, dan tokoh masyarakat dari Kecamatan Simpang Tiga.

Dalam keterangannya, Kamis (12/10/2023), usai panen MT Gadu 2023, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto ajak para petani untuk bersyukur atas hasil panen yang didapatkan.

Dikatakannya, ditengah cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, tapi Allah tetap memberikan anugerah dan nikmat rezeki, sehingga panen padi MT Gadu tahun ini dapat tercapai dengan hasil yang baik.

“Ini hari yang menggembirakan. Patut kita bersyukur pada Allah atas semua hasil yang didapatkan saat ini,” kata Muhammad Iswanto.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sendiri, sambungnya, berkomitmen untuk menjadikan komoditi padi sebagai andalan. Karna itu, program dan kegiatan yang dicanangkan diarahkan untuk keberhasilan program pertanian di kabupaten ini.

Masukan dan berbagai persoalan, seperti irigasi, ketersediaan pupuk, benih, telah di respon oleh pemerintah kabupaten dengan mencari solusi terbaik agar petani dapat menikmati hasil panen yang melimpah.

Apalagi di Aceh Besar ini, sebagian besar masyarakat corak produksinya adalah petani dan pekebun. Karna itu, prioritas pembangunan dan ketersediaan anggaran yang difokuskan demi keberhasilan sistem pertanian sebagai penggerak perekonomian daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar menambahkan, dari luas areal persawahan di Kecamatan Simpang Tiga 550 hektar. Namun untuk musim gadu tahun ini hanya ditanami 120 hektar.

Mayoritas petani di wilayah ini menanam varietas ciherang dan impari 32 sebagai benih padi pada musim tanam gadu 2023 ini, terang Jakfar.

Diakhir panen tersebut, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto juga serahkan bantuan peralatan pertanian, bibit dan pestisida kepada para petani setempat.

Shares: