EkonomiNews

Plt Gubernur Aceh Apresiasi Kabupaten Kota Peraih Opini WTP

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap bupati dan wali kota di Aceh atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 100 persen selama dua tahun berturut-turut.

Apresiasi ini terkhusus diberikan kepada beberapa kabupaten kota yang meraih WTP di atas lima kali, bahkan 11 kali untuk kota Banda Aceh.

“Prestasi ini patut kita banggakan bersama, karena hanya beberapa pemerintah daerah yang sanggup mencapainya. Keberhasilan tersebut tentunya diraih dengan tidak mudah, kerja keras dilakukan oleh berbagai pihak untuk memenuhi kriteria dalam pencapaian opini WTP,” kata Nova saat memberikan sambutan pada penyerahan DIPA kementerian/lembaga dan daftar transfer ke daerah serta Dana Desa Tahun Anggaran 2020, di Banda Aceh, Kamis, 21 November 2019.

Dia mengatakan secara kualitas laporan keuangan, seluruh pemerintah daerah di Aceh sudah meraih hasil yang maksimal.

Namun, Nova mengatakan, ada tantangan selanjutnya yang harus dihadapi yaitu apakah seluruh isi laporan keuangan tersebut sudah dimanfaatkan oleh pemerintah daerah secara optimal.

“Data-data keuangan yang ada apakah telah digunakan untuk pengambilan kebijakan yang tepat sasaran? Dana APBN, APBA, dan APBK yang telah digunakan pemerintah dituangkan dalam laporan keuangan, misalnya
pendapatan, belanja, kewajiban, aset dan lain-lain. Ketika laporan keuangan berkualitas baik, artinya realisasi dana APBN, APBA, dan APBK seharusnya dapat menghasilkan output yang maksimal kepada masyarakat,” kata Nova.* (RIL)

Shares: