News

Polresta Banda Aceh tanam ratusan pohon rambutan-kelengkeng di Baitussalam

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli saat menanam pohon di Gampong Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Jumat (13/10/2023). Foto: Humas Polresta Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Polresta Banda Aceh menanam sebanyak 250 pohon rambutan, mangga dan kelengkeng di Gampong Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Jumat (13/10/2023).

Penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan Mabes Polri dan jajarannya di seluruh Indonesia dalam Program “Polri Melestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini”, dalam rangka menyambut HUT ke-72 Humas Polri.

Sekdes Gampong Miruek Lamreudeup, Muhajir mewakili warga gampong sangat berterima kasih kepada Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli yang telah melakukan penghijauan ini.

“Program ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi saat ini yang kami butuhkan adalah tanaman yang dapat bermanfaat di masa yang akan datang,” ucap Muhajir.

“Di sisi lain, kelompok tani yang ada di desa kami membutuhkan tanaman seperti rambutan, mangga, kelengkeng, karena ini akan bermanfaat bagi masa depan warga di sini,” tambahnya.

Gampong Miruek Lamreudeup, kata Muhajir, memiliki luas 400 hektare dengan jumlah penduduk 3.300 jiwa. Menurutnya, penghijauan ini sangat perlu dilakukan di desanya. Ia pun berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkesinambungan.

“Pasca tsunami, desa kami sudah mulai kurang dilakukan penghijauan, maka dengan dilaksanakan hari ulang tahun Humas Polri ke- 72 ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami semua,” tuturnya.

“Kami juga berterima kasih kepada Kelompok Tani Hutan Mirla Sejahtera yang telah men-support kegiatan Polresta Banda Aceh yang telah direncanakan dengan baik sehingga pelaksanaan sukses,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Kelompok Tani Hutan Mirla Sejahtera, M Ali Umar mengucapkan selamat ulang tahun kepada Humas Polri yang telah berusia 72 tahun.

“Selamat Ulang Tahun Humas Polri ke 72, Program yang dilakukan oleh Polri melestarikan dengan cara menghijaukan negeri ini sangat bermanfaat bagi kami, disini kami memiliki lahan untuk dibudayakan tanaman yang sangat bermanfaat,” katanya.

“Di sini juga ada konservasi manggrove, ekonomi manggrove dan wisata manggrove, namun hari ini kita melaksanakan penanaman pohon mangga, kelengkeng dan rambutan. Sangat berguna bagi anak kita di masa depan nantinya,” sambung Ali.

“Alhamdulillah, dengan luas lahan sebesar tujuh ribu meter ini dapat dimanfaatkan sebagai lokasi penanaman pohon dalam rangka HUT Humas Polri ke- 72,” jelasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli juga mengucapkan terima kasih kepada warga Gampong Miruek Lamreudeup yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Kehadiran kami hari ini selain menjalin hubungan silaturrahmi, juga sebagai sarana menghijaukan kembali Gampong Miruek Lamreudeup dengan cara menyalurkan bibit unggul pohon yang bermanfaat bagi warga,” ucapnya.

“Pohon yang akan kita tanam hari ini di antaranya mangga, kelengkeng dan rambutan, karena tanah- tanah di disini sangat cocok untuk ditanam pohon yang unggul,” kata dia.

“Alhamdulillah dengan adanya kelompok tani ini, kita dapat memproduktif lagi lahan kosong dengan menghijaukan kembali melalui Program yang telah dicanangkan oleh Mabes Polri,” sambung mantan Kabid Propam Polda Aceh ini.

Fahmi juga menjelaskan, dalam menyambut HUT Humas Polri ke- 72 juga banyak rangkaian yang telah dilakukan, di antaranya donor darah, pendistribusian air bersih, tanam pohon dan lain-lain.

“Semoga, apa yang kita tanam, dapat kita tuai di kemudian hari dan dapat dimanfaatkan oleh anak cucu kita,” pungkasnya.

Shares: