News

PON Aceh-Sumut diharap jadi sejarah bagi peningkatan prestasi olahraga

KONI dan Kemenpora bahas pembentukan sekber media dan Humas untuk PON 2024 Aceh-Sumut
Ilustrasi, Menteri Pemuda dan Olaharaga, Zainuddin Amali saat meluncurkan maskot PON Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (28/1/2023). Foto: Youtube Media Center Aceh

POPULARITAS.COM – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman berharap, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang menjadi sejarah bagi peningkatan prestasi olahraga di Tanah Air.

Eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu menyampaikan, PON 2024 merupakan pertama dalam sejarah pelaksanaan PON yang digelar di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

“Besar harapan saya, PON 2024 menjadi sejarah bagi peningakatan prestasi olahraga di Indonesia,” kata Marciano dalam sambutannya pada peluncuran PON Aceh-Sumut 2024 wilayah Aceh di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (28/1/2023).

Ia menjelaskan bahwa KONI Pusat, KONI Aceh dan Panitia Besar PON 2024 Wilayah Aceh terus berupaya semaksimal mungkin bekerja sama dengan seluruh masyarakat, untuk menyukseskan hajatan olahraga tersebar di Indonesia itu.

“InsyaAllah PON 2024 menjadi PON yang selalu menjadi kebanggaan kita bersama, semoga niat baik, niat luhur dari kita semua mewakili bangsa Indonesia dimudahkan, diberi rahmat di bawah ridha Allah SWT,” harap dia.

Maskot PON Aceh-Sumut 2024 diluncurkan oleh Menteri Pemuda dan Olaharaga, Zainuddin Amali. Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat memberikan manfaat bagi daerah penyelenggara dengan kedatangan para atlet dari seluruh Indonesia.

Bahkan katanya, dengan dijadikan Aceh sebagai tuan rumah dapat memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di Tanah Rencong.

“Itu juga dapat dirasakan oleh masyarakat yang berada di tempat-tempat venue pelaksaan kegiatan ,” ujar Zainuddin.

Oleh karena itu, ia mengharapkan penyelenggaraan PON XXI Aceh – Sumut 2024 dapat berjalan dengan sukses. Sehingga dapat menciptakan kenangan baik bagi atlet maupun pendukung.

“Untuk itu kita harus berbangga dengan ditunjukkan Aceh sebagai tuan rumah, karena banyak dari daerah-daerah lain yang juga mengajukan. Tentu dengan pemilihan wilayah Aceh – Sumut telah melalui proses yang matang. Sehingga kita harus berupaya dapat menyukseskan penyelenggaraan PON ini,” ujarnya.

Adapun maskot PON XXI Aceh-Sumut untuk wilayah Aceh bernama Po Meurah atau gajah putih yang memakai kupiah meuketop yang merupakan topi adat Aceh.

Sementara taglinenya adalah “Bersatu Kita Juara”, yang kemudian logonya didesain dengan tetap menggunakan perpaduan warna khas Aceh yakni, merah, kuning, hijau serta hitam.

Menpora menyampaikan bahwa pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan dibuka di Aceh pada 8 September 2024 dan penutupan pada 20 September 2024 di Sumatera Utara.

Shares: