News

Potret semarak perayaan HUT ke-78 RI di Pidie Jaya

Potret semarak perayaan HUT ke-78 RI di Pidie Jaya
Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas saat upacara memperingati HUT ke 78 RI, Kamis (17/8/2023). Foto: Pemkab Pidie Jaya

POPULARITAS.COM – Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Aiyub Abbas menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Acara memperingati detik-detik deklarasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia itu bertempat di lapangan Kota Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (17/8/2023).

Tugas sebagai inspektur upacara HUT RI 78 di Kabupaten Pidie Jaya itu sendiri bisa dipastikan merupakan yang terakhir kali dilakukan oleh mantan Kapolda GAM itu.

Soalnya, dalam waktu dekat Aiyub Abbas akan segera meninggalkan jabatannya sebagai Bupati Pidie Jaya dikarenakan masa jabatannya yang akan berakhir.

Dalam perayaan hari kemerdekaan itu yang sudah memasuki usia 3/4 abad itu di daerah yang dikenal dengan sebutan negeri Japakeh itu ikut dimeriahkan dengan pertunjukan perang Laksamana Malahayati melawan kolonial Belanda.

Pertunjukan yang diperankan oleh para pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Meureudu membuat suasana di lapangan Meureudu bergemuruh tepuk tangan dan teriakan dari para pejabat dan masyarakat yang hadir menyaksikan perayaan HUT ke 78 RI itu.

Selain itu, berbagai perlombaan dalam upaya memeriahkan peringatan HUT RI juga digelar di Kabupaten Pidie Jaya.

Seperti halnya lomba dayung sampan yang berlokasi di Krueng Daerah Aliran Sungai (DAS) Meureudu yang diikuti oleh nelayan dari berbagai Kuala Lhok yang ada di daerah setempat.

Lomba dayung itu kemudian dimenangkan oleh nelayan dari Kuala Lhok Lancang, Kecamatan Bandar Baru.

Panitia perlombaan juga mengelar lomba tangkap bebek di Krueng itu. Di mana 50 ekor bebek dilepas ke Krueng untuk ditangkap oleh peserta.

Shares: