Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Kesejukan di lembah Tembolon Bener Meriah

Kesejukan di lembah Tembolon Bener Meriah
Kesujukan air terjun Tembolon di Bener Meriah. Foto: Iskandar

POPULARITAS.COM – Jika Anda mencari pelarian dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari dan ingin merasakan keajaiban alam yang menakjubkan, maka Air Terjun Tembolon di Kabupaten Bener Meriah adalah tempat yang harus Anda kunjungi.

Tersembunyi di pedalaman dataran tinggi Gayo, air terjun ini menawarkan pesona alam yang memukau dan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi semua pengunjungnya.

Air Terjun Tembolon memikat hati dengan keindahan alam yang memesona. Dengan tinggi sekitar sepuluh meter, air terjun ini menampilkan aliran air yang deras dan gemercik yang menambah keharmonisan dengan keindahan alam sekitarnya.

Hutan yang lebat dan pepohonan tinggi di sekitar air terjun menambah nuansa magis dan sejuk di sekitar objek wisata ini, hal ini menciptakan pemandangan luar biasa bak surga tersembunyi di Bener Meriah.

Bagi para pecinta fotografi, Air Terjun Tembolon adalah surga yang menawarkan banyak kesempatan untuk mengabadikan momen indah. Ambil foto dengan latar belakang air terjun yang megah atau tangkap cahaya matahari yang bermain-main di atas aliran air yang menawan.

Setiap sudut air terjun ini adalah potensi untuk menciptakan gambar-gambar menakjubkan yang akan menjadi kenangan berharga sepanjang masa.

Air Terjun Tembolon terletak di Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah. Jaraknya kurang lebih 50 kilometer atau butuh waktu sekitar 2 jam dari Simpang Tiga Redelong, pusat ibu kota Bener Meriah.

Sepanjang perjalanan, wisatawan bakal disuguhkan pemandangan nan indah berupa hutan belantara, perkebunan kopi, jeruk, areal persawahan, hutan, sungai dengan keindahannya serta sejumlah pemandangan menarik lainnya.

Lokasi air terjun itu persis berada di sisi kiri jalan Simpang Tiga Redelong-Samar Kilang, Kabupaten Bener Meriah. Untuk menikmati air terjun ini, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 5000 untuk sekali masuk.

Salah seorang wisatawan, Fakhrurrazi takjub dengan air terjun tersebut. Pemuda yang kini berdomisili di Banda Aceh itu berkunjung ke air terjun tersebut melalui program Gathering Media dan Komunitas yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh beberapa waktu lalu.

“Airnya dingin, arusnya nggak terlalu deras. Tapi bagi wisatawan tetap harus berhati-hati karena bebatuannya licin. Lokasi ini cocok untuk menikmati libur akhir pekan bersama keluarga dan teman dekat,” kata Fakhrurrazi.

Selain air terjun, Tembolon juga menawarkan paket wisata arung jeram. Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam sambil menguji adrenalin di sepanjang aliran sungai.

Wisatawan menguji adrenalin di arung jeram Tembolon, Bener Meriah, beberapa waktu lalu. Foto: Taufik

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh terus melakukan upaya-upaya dalam menggaet wisatawan, salah satunya yakni membenahi infrastruktur objek wisata.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, Pemerintah Aceh maupun pemerintah kabupaten/kota terus membenahi infrastruktur pariwisata, seperti melengkapi fasilitas yang ada guna memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Di samping itu, kata dia, Pemerintah Aceh bersama pemerintah kabupaten/kota juga terus memperbanyak kegiatan-kegiatan pariwisata, termasuk event seni dan budaya. Ini bertujuan untuk mendatangkan wisatawan dari luar.

“Dengan adanya event-event, maka wisatawan bakal tertarik ke Aceh,” sebut Almuniza.

Shares: