Transportasi dan Logistik

PT Perkebunan Nusantara V pakai motor listrik Gesits untuk operasional 

PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) telah menggunakan motor listrik Gesits sebagai kenderaan operasional di linkungan perusahaan tersebut, terutama di Kota Pekanbaru.
PT Perkebunan Nusantara V pakai motor listrik Gesits untuk operasional 
CEO PTPN V Jatmiko Santosa saat menjajal sepeda motor listrik di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru, Riau, baru-baru ini. FOTO : HUMAS PTPN V

POPULARITAS.COM – PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) telah menggunakan motor listrik Gesits sebagai kenderaan operasional di linkungan perusahaan tersebut, terutama di Kota Pekanbaru.

Hal tersebut di sampaikan oleh Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa, dalam keterengan tertulisnya, Minggu (1/1/2023) di Pekan Baru, seperti diwartakan laman Antara.

Dia menyebutkan, pihaknya telah membeli sebanyak enam kenderaan motor listrik Gesits untuk difungsikan sebagai operasional perusahaan di kantor direksi.

Hal ini juga mengantarkan PTPN V sebagai anak perusahaan Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) pertama yang memanfaatkan kendaraan nonemisi karbon tersebut.

Dia mengatakan kehadiran enam sepeda motor listrik Gesits yang merupakan hasil kreasi anak bangsa tersebut merupakan langkah awal dari program pengadaan kendaraan listrik di PTPN V.

“Alhamdulillah, ini adalah bentuk nyata kami dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk memperluas penggunaan kendaraan listrik,” katanya.

Jatmiko juga menjelaskan secara bertahap, perusahaan perkebunan sawit dan karet tersebut akan menambah jumlah kendaraan listrik menggantikan kendaraan konvensional.

Salah satu yang tengah dipertimbangkan dalam waktu dekat ini adalah pengadaan bus listrik.

Meski begitu, saat ini pihaknya masih terus berdiskusi dan menganalisa spesifikasi bus listrik sesuai dengan wilayah operasional perusahaan yang menjangkau berbagai wilayah terpencil di penjuru provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning ini.

Lebih jauh, Jatmiko menuturkan bahwa pemanfaatan kendaraan listrik tersebut sejalan dengan program dekarbonisasi yang masif dilakukan perusahaan sejak 2019 silam.

Di antaranya adalah upaya menekan emisi gas rumah kaca melalui pembangunan instalasi pembangkit tenaga biogas yang kini terpasang dan beroperasi di lima pabrik kelapa sawit PTPN V. 

 

Editor : Hendro Saky

Shares: