News

Puluhan wisausaha pemula di Bireuen dibekali ilmu menjahit

Puluhan wisausaha pemula di Bireuen dibekali ilmu menjahit
Puluhan wisausaha pemula di Bireuen dibekali ilmu menjahit. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh menggelar bimbingan teknis (Bimtek) menjahit bagi wirausaha pemula di Kabupaten Bireuen.

Pelatihan tersebut digelar selama 4 hari, 14 sampai 17 November 2022 di Hotel Lading, Banda Aceh. Kegiatan yang diikuti 25 peserta ini dibuka secara resmi oleh Kepala Diskop UKM Aceh, Azhari.

Peserta bimtek diberi materi oleh para ahli seperti Iskandarsyah Majid selaku Ahli Ekonom Aceh; Fakhrurrazzi Amir; Ainul Mardhiah; Muhammad Rizqi dan sejumlah narasumber lainnya.

Kepala Diskop UKM Aceh, Azhari mengatakan, kegiatan bimtek kali ini fokus membahas tentang bagaimana cara mendirikan dan membuka sebuah usaha menjahit yang simple dan ekonomis.

“Mengingat bahwa usaha retail textile adalah usaha yang akan sangat menjanjikan ke depannya. Sehingga Usaha menjahit tersebut tentunya diharapkan akan menjadi magnet usaha bagi masyarakat lain yang ingin membuka usaha menjahit ke depannya,” ujarnya.

Pada kegiatan bimtek ini, kata Azhari, juga didukung penuh dengan praktikum penting demi memberikan edukatif secara praktikum kepada para peserta yang akan dilaksanakan di Putri Costum di belakang Mesjid Raya Baiturrahman.

Pada sesi ini, kata dia, nantinya para peserta akan diberikan praktikum tentang peralatan menjahit dan teknik dasar hingga diajarkan bagaimana membuka dan mengelola usaha menjahit yang bagus dan berpotensi ke depannya. Praktik lapangan sendiri akan dilakukan pada 16-17 November 2022.

Ia menjelaskan bahwa praktik lapangan sendiri bertujuan untuk memperkenalkan teori dasar secara aplikatif kepada para peserta kegiatan guna para peserta mengerti teknik dasar secara lengkap dan juga detail.

“Besar harapannya kegiatan bimtek ini dapat memompa semangat berbisnis para umkm sehingga usaha yang akan dijalankan ke depannya dapat berkembang dan membantu menumbuhkan perekonomian baik secara personal maupun masyarakat umum,” katanya.

Shares: