News

Rapai Bubee akan meriahkan PKA ke 8

Pertunjukan tari Rapa'i Bubee Kesenian Tradisional Pidie Jaya. Foto: Disdikbud Pidie Jaya

POPULARITAS.COM – Pertunjukan tari Rapa’i Bubee yang merupakan kesenian tradisional Kabupaten Pidie Jaya akan memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII.

Acara ekspo terakbar budaya Aceh yang digelar Pemerintah Provinsi Aceh itu akan berlangsung di Taman Ratu Safiatuddin, mulai Sabtu 4 November 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya, Jailani Beuramat mengatakan, dalam upaya memeriahkan PKA ke 8, pihaknya akan menampilkan kesenian tradional daerah setempat berupa Tari Rapa”‘i Bubee.

“Rapa’i Bubee akan menjadi seni utama yang akan kita (Pidie Jaya) tampilkan dalam PKA yang akan berlangsung bulan depan,” kata Sekda Pidie Jaya, Jailani Beuramat kepada popularitas.com, usai rapat evaluasi persiapan dengan Dinas Pendidikan setempat, Selasa (17/10/2023).

Selain seni tersebut, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya juga akan mengikuti 23 perlombaan dan pertunjukan yang diperlombakan di PKA tersebut.

“Lomba dan pertunjukan di PKA berjumlah 28, kita mengikuti sebanyak 24 lomba,” kata Jailani.

Persiapan keikutsertaan Pidie Jaya dalam rangka menyukseskan acara budaya terbesar di Provinsi Aceh telah mencapai 80 persen.

Bahkan anjungan juga telah dilakukan rehabilitasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pidie Jaya.

“Anjungan kita kan dua lantai. Lantai bawah kita jadikan sebagai tempat edukasi budaya, sedangkan lantai atas akan dijadikan sebagai lokasi pameran jalur rempah Pidie Jaya,” ungkapnya.

Shares: