NewsPhoto

Rehat Sejenak di Masjid Dua Menara Lamlagang

Masjid As Shadaqah Lamlagang Banda Aceh memiliki dua menara dengan kubah hijau jamrud di ujungnya. | Foto: Boy Nashruddin Agus

MASJID ini memiliki dua menara yang menjulang tinggi dengan puncak kubah berwarna hijau zamrud. Ada dua kubah yang terpancang di atap bangunan bagian depan, dan satu kubah lainnya berukuran lebih besar berada di tengah-tengah atap. Inilah masjid As Shadaqah yang ada di Gampong Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh.

Masjid yang memiliki dua lantai ini pada Senin, 27 Mei 2019 sore, terlihat masih ramai dikunjungi jamaah. Ada yang terlihat khusyu’ membaca Alquran, ada pula yang berzikir dan salat sunat.

Ada dua jam bandul jadul berukir jati yang turut menghiasi masjid tersebut di dalam ruangan. Permadani merah di saf terdepan dan hambal hijau tua di saf belakang jamaah laki-laki turut menambah epik bangunan peribadatan umat Islam ini. Satu mimbar yang berada di sisi barat diletakkan tepat di bawah gerbang berukir kaligrafi perunggu.

Masjid As Shadaqah berada di tengah pemukiman penduduk Lamlagang dan memiliki halaman parkir yang luas. Ada beberapa rute jalan yang dapat ditempuh menuju masjid ini, salah satunya melalui Jalan Residen Danubroto.

Informasi yang diterima wartawan menyebutkan masjid ini dibangun pada tahun 1966 lalu, dan terus mendapat renovasi hingga saat ini. Sementara tanah bangunan masjid jami warga Lamlagang tersebut berstatus wakaf. Masjid ini juga pernah meraih juara harapan II dalam lomba masjid terbersih di Banda Aceh pada 2018 lalu.*(BNA)

Shares: