EdukasiNews

RIAB FAIR X harus lahirkan insan qurani level Internasional

RIAB FAIR X harus lahirkan insan qurani level Internasional
Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM memukul beduk tanda dibukanya RIAB FAIR X di Komplek RIAB Gampong Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Senin (11/09/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Ruhul Islam Anak Bangsa gelar even bertajuk RIAB FAIR X tahun 2023. Acara itu mengusung tema ‘exploring miracolus talent’. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Senin (11/9/2023) di Gampong Gue Gajah, Darul Imarah.

Saat membuka acara itu, Pj Bupati Aceh Besar sampaikan apresiasi kepada pihak manajemen Yayasan Ruhul Islam Anak Bangsa serta seluruh pengurus OSISMADA, yang telah prakarasi kegiatan tersebut. 

Kita berharap, acara-acara yang digelar seperti ini, dapat jadi sarana dalam pengembangan potensi dan prestasi siswa dan mahasiswa para peserta. Hal itu tentunya akan menjadikan modal penting guna bersaing di level nasional dan Internasional.

“Tentu saja, acara ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan kreativitas dan wawasan santri,” ujarnya.

Pemkab Aceh Besar sendiri, tambahnya, senantiasa mendukung acara-acara yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan generasi, khususnya SDM di daerah ini, tambah Muhammad Iswanto.

Kepada para santri yang ikut serta dalam kegiatan ini, sambungnya, Ia berharap berkompetisi secara sehat. Sebab dirinya percaya bahwa, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan putra dan Putri terbaik Aceh Besar, sebutnya.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Besar Salman Arifin menambahkan, event RIAB FAIR X 2023, melahirkan lebih banyak kelompok diskusi, baik skala kecil dan besar. Sebab, sambungnya lagi, santri merupakan kader-kader agama yang terbiasa mengaji dan mengkaji. “Banggalah menjadi santri,” tandansya.

Disisi lain, Kepala Sekolah MAS RIAB Riadhi S.Pd mengatakan RIAB FAIR ke-10 ini berfokus pada bakat dan minat para santri. Kemampuan yang ada pada diri santri dapat tersalurkan dan bakat itu kemudian menjadi alat untuk menebar kebaikan. 

“Kita pernah mengalami fase anak-anak Aceh sulit untuk menembus Perguruan Tinggi favorit, tapi hari ini berkat kerja keras semua pihak, hal sulit itu sudah kita lewati. Dayah RIAB, tahun yang lalu berhasil meluluskan 90% alumni nya di Perguruan tinggi favorit,” ujarnya.

Riadhi mengatakan ada 35 cabang yang akan diperlombakan dan RIAB FAIR X ini juga merupakan ajang Nasional karena ada peserta perlombaan ynag berasal dari Pulau Jawa dan Papua.

“Ada 35 cabang yang diperlombakan dengan total peserta 2.073 orang dan kepada juara tilawatil Qur’an dan Tahfizd bebas undangan tes atau mendapatkan golden ticket dan bebas biaya pembangunan mulai dari 25% hingga 75%,” pungkasnya.

Shares: