Headline

Rutan Sigli Dibakar Napi

Asap mengepul di gedung Rutan Sigli. IST

SIGLI (popularitas.com) – Rumah tahanan (Rutan) kelas II B Sigli, Pidie dikabarkan dibakar massa narapidana dan tahanan , Senin 3 Juni 2019 sekitar pukul 12.30 WIB. Insiden itu diduga dipicu masalah penarikan dispenser (alat pemanas air) yang ada dalam ruang tahanan oleh sipir.

Informasi yang dihimpun, Napi yang awal mengamuk merusak pagar pembatas ruang tahanan dan kantor kemudian masuk ruang admistrasi. Aksi itu akhirnya berujung pembakaran ruang kepala pengamanan Rutan.

Tak lama kemudian, tim kepolisian dari Polres Pidie datang ke lokasi dan melakukan pengamanan. Sekitar pukul 13.30 pemadam kebakaran berhasil memadamkan api.

“Sejauh ini laporan di lokasi tidak ada napi ataupun tahanan yang kabur, kondisi sudah aman tidak ada yang luka dari Napi ataupun sipir,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman melalui sambungan telepon.

Meurah membenarkan, kejadian itu dipicu penarikan dispenser oleh sipir. Menurutnya aksi sipir itu tanpa sepengetahuan kepala Rutan. Kemudian Dispenser tersebut milik kantor yang dipinjam kepada Napi selama Ramadan.

Terkait ada penyanderaan petugas sipir oleh Napi, Meurah mengaku belum tahu hal itu. Karena laporan dari tim di lokasi kejadian tidak mengabarkan aksi nekat tersebut. “belum ada kabar tentang penyaderaan, saya akan cek kembali,” pungkas Meurah. (C-004)

Shares: