News

Satpol PP dan WH Aceh Besar sebar personel di tiga titik selama Ramadhan

Berburu takjil buka puasa di Banda Aceh
Ilustrasi, warga Banda Aceh, saat membeli takjil berbuka puasa di hari pertama Ramadhan. FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

POPULARITAS.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) Aceh Besar mengintensifkan penjagaan di beberapa titik keramaian yang digunakan sebagai tempat penjualan takjil selama bulan Ramadhan.

Kepala Satpol PP dan WH Aceh Besar, Muhajir mengatakan langkah itu berguna untuk menjaga ketertiban masyarakat dan kenyamanan pengguna jalan saat ramadhan, khususnya di tiga lokasi, yakni Pasar Seulimuem, Pasar Kutapang, Kecamatan Darul Imarah dan Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya.

Menurut Muhajir langkah itu dilakukan pihaknya lantaran mobilitas bulan Ramadhan yang kerap ramai menjelang berbuka puasa.

“Kebiasaan masyarakat disore hari keluar rumah untuk belanja takjil atau makanan untuk berbuka, keramaian ini yang kerap menyebabkan kemacetan, selain aktivitas masyarakat yang meningkat di bulan ramadhan menjadi ajang mencari rezeki bagi pedagang musiman,” ujar Muhajir, Kamis (16/3/2023).

Ia juga menyampaikan, penjagaan akan dilakukan dengan membagi tiga regu yang masing-masing beranggotakan 15 personil untuk mengatur pedagang agar tidak berjualan di badan jalan.

Apalagi katanya sering kali ditemui saat bulan Ramadhan masyarakat menempatkan lapak dagangan tidak teratur.

“Oleh karena itu untuk menghindari hal itu terjadi kita menurunkan tim,” ucapnya.

Selain itu, sambung Muhajir mereka juga akan menertibkan PKL yang masih melakukan pelanggaran dengan berjualan di tempat terlarang, seperti trotoar atau badan jalan. Karena saat Ramadhan pusat-pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan pedagang kaki lima (PKL) semakin meningkat.

“Kami selalu rutin melakukan penertiban setiap hari kepada para PKL yang masih berjualan di tempat-tempat yang dilarang, dan harapan kami semoga masyarakat juga ikut membantu,” tuturnya.

Shares: