KesehatanNews

Sembilan manfaat air rebusan nanas untuk kesehatan dan cara membuatnya

Nanas. Foto: alodokter.com

POPULARITAS.COM – Manfaat air rebusan nanas diperoleh dari enzim bromelain yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi air rebusan nanas secara rutin dipercaya dapat memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan kesuburan hingga mencegah terjadinya kanker.

Nanas yang memiliki nama latin Ananas comous ini mengandung banyak air serta memiliki cita rasa manis dan asam yang nikmat untuk dikonsumsi. Buah yang banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis ini lebih sering dikonsumsi secara langsung dan diolah sebagai rujak maupun jus.

Padahal, Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah nanas dari air rebusannya. Manfaat air rebusan nanas berasal dari enzim bromelain dan sifat antioksidan, antibakteri, serta antiradang yang terkandung di dalam buah nanas.

Selain itu, buah ini juga diyakini memiliki beragam mineral dan nutrisi, seperti kalium, magnesium, dan vitamin B1, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya, air rebusan nanas dipercaya memiliki beragam manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai keluhan maupun penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat air rebusan nanas yang dapat Anda peroleh, dikutip dari alodokter.com:

1. Melancarkan pencernaan
Manfaat air rebusan nanas yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Kandungan bromelain dalam air rebusan nanas dapat mempercepat proses pemecahan makanan pada usus sehingga bisa memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko terkena gangguan pencernaan, seperti sembelit.

2. Meningkatkan produksi sperma
Mineral yang terdapat dalam nanas memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan bagi pria. Selain itu, bromelain dalam nanas juga dapat meningkatkan kadar testosteron. Kedua kandungan ini akan meningkatkan kualitas sperma sehingga baik jika dikonsumsi oleh pasangan yang sedang merancanakan kehamilan.

3. Menurunkan berat badan
Kandungan kalori yang rendah dalam nanas membuatnya sering dijadikan pilihan camilan yang sehat untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan nanas. Agar berat badan lebih cepat turun, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi serta berolahraga secara rutin.

4. Mengontrol tekanan darah
Mengonsumsi air rebusan nanas diyakini dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Manfaat air rebusan nanas ini diperoleh dari kandungan kalium di dalamnya. Kalium dipercaya dapat melemaskan dinding pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi nyeri sendi
Kandungan bromelain di dalam nanas memiliki efek antiperadangan yang bisa meredakan peradangan serta mengurangi nyeri sendi. Namun, untuk mendapatkan manfaat air rebusan nanas ini, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin.

6. Menurunkan kadar kolesterol
Rutin mengonsumsi air rebusan nanas juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam tubuh. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol, risiko terjadinya komplikasi seperti stroke pun bisa dihindari.

7. Mencegah serangan jantung
Mengonsumsi air rebusan nanas dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Manfaat air rebusan nanas ini diperoleh berkat kandungan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga risiko terjadinya serangan jantung bisa dicegah.

8. Mengatasi jerawat
Selain dikonsumsi, manfaat air rebusan nanas juga bisa Anda peroleh dengan menjadikannya sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Sifat antibakteri yang dimiliki air rebusan nanas dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat air rebusan nanas ini, Anda bisa menggunakan air rebusan nanas untuk membasuh muka. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapas yang telah dicelupkan dalam air rebusan nanas yang sudah dingin, lalu tempelkan pada wajah dan tunggu selama 10 menit.

9. Mencegah kanker
Manfaat air rebusan nanas lainnya adalah untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Kandungan antioksidan dalam air rebusan nanas dipercaya dapat menangkal radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang terjadi secara terus-menerus dapat merusak sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh yang rusak merupakan awal dari terjadinya berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Cara Membuat Air Rebusan Nanas

Untuk mendapatkan manfaat air rebusan nanas, Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Berikut ini adalah cara membuat air rebusan nanas yang bisa Anda lakukan:

  • Kupas dan potong 1 buah nanas menjadi bagian-bagian kecil.
  • Cuci buah nanas yang sudah dipotong dengan air hingga bersih.
  • Rebus nanas dengan 400 ml air atau sekitar 2 gelas air selama 10 menit atau sampai mendidih.
  • Saring air rebusan buah nanas dan diamkan hingga dingin sebelum dikonsumsi.

Air rebusan nanas memang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitas, keamanan, dan efek sampingnya.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki alergi terhadap lateks atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum minum air rebusan nanas untuk mendapatkan berbagai manfaat air rebusan nanas.

Dengan berkonsultasi, dokter bisa memberiksan saran mengenai keamanan serta takaran air rebusan nanas yang sesuai dengan kondisi Anda.

Shares: