News

Sempat Ditolak Warga, 20 Tenaga Medis di Aceh Negatif Corona

Satu Lagi Pasien Sembuh, Aceh Nol Positif
Ilustrasi petugas medis, garda terdepan penanganan pandemi corona. (AFP/Paolo Miranda)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Direktur Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Azharuddin menyebutkan bahwa tenaga medis yang ada di rumah sakit itu yang khusus menangangi pasien corona, saat ini dinyatakan sehat, tanpa adanya gejala virus corona.

Hal itu diketahui, saat keluarnya hasil swab dari 20 tenaga medis, yang menunjukkan seluruhnya negatif corona. “Tim medis sehat, 20 orang uda di swab hasilnya negatif,” kata Azharuddin kepada wartawan, Rabu, 8 April 2020.

Dengan hasil itu, kata dia menunjukkan bahwa proteksi dan alat pelindung diri (APD) yang digunakan oleh tenaga medis, cukup memadai dan lengkap untuk menangani pasien yang terpapar virus corona di Aceh.

Meski sudah dinyatakan negatif, seluruh petugas medis itu wajib melakukan isolasi, baik secara mandiri atupun di lokasi yang telah disediakan oleh Pemerintah Aceh.

Azharuddin tak menampik, soal adanya penolakan tim medis saat mereka kembali ke rumah dan kos. Kata dia, tiga hari yang lalu kejadian itu menimpa tiga anggota medis yang selama ini telah menangani pasien corona di rumah sakit itu.

“Tapi sekarang tidak ada lagi, soal penolakan 3 orang tim medis kemarin itu sudah selesai mungkin hanya kesalahpahaman saja,” sebut Azharuddin.

Setelah dijelaskan tentang kondisi kesehatan mereka serta dibuktikan dengan hasil swab negative corona, masyarakat bisa memahami dan menerima mereka kembali. Menurut Azharuddin, penolakan tersebut terjadi karena kehati-hatian masyarakat di tengah kondisi seperti saat ini.

“Dalam suasana kepanikan kita tidak bisa semata-mata menyalahkan masyarakat. Mungkin belum kita berikan edukasi yang memadai,” pungkasnya. (dani)

Shares: