News

Sepanjang 2023, Baitul Mal Aceh salurkan zakat Rp 84 miliar

Pembayaran Zakat di Baitul Mal Banda Aceh Bisa Daring Cegah Covid-19
Petugas memperlihatkan barcode yang dapat dipindai untuk membayar zakat di Baitul Mal Banda Aceh, Selasa (28/7/2020). (FOTO ANTARA/HO-Baitul Mal Banda Aceh)

POPULARITAS.COM – Baitul Mal Aceh (BMA) telah menyalurkan zakat senilai Rp 84,3 miliar kepada 37.729 mustahik atau penerima zakat di Aceh sepanjang tahun 2023.

Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya’ya kepada popularitas.com mengatakan, penyaluran zakat dilakukan melalui berbagai kegiatan meliputi sektor kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi dan syiar Islam, baik yang bersifat konsumtif maupun produktif.

Ia menjelaskan, zakat yang disalurkan telah memberikan kontribusi signifikan dalam memberikan akses modal dan mendorong semangat berdikari bagi sekitar 2.000 mustahik melalui program modal usaha ultra mikro dan zakat family development.

“Serapan zakat yang kita manfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga kurang mampu mencapai Rp 11,6 miliar. Semoga ini dapat menjadikan mustahik lebih mandiri dan berdaya,” ujar Mukhlis di Banda Aceh, Jumat (19/1/2024).

Tak hanya itu, zakat yang dikelola Baitul Mal Aceh juga turut berkontribusi dalam menanggulangi masalah stunting yang menjadi fokus Pemerintah Aceh.

Selama tahun 2023, zakat yang disalurkan untuk penanggulangan stunting mencapai Rp 4,53 miliar, dengan penerima manfaat sebanyak 608 keluarga di Aceh.

Mukhlis juga menambahkan, selain mematuhi ketentuan fikih zakat terkait senif mustahik, pihaknya juga memperhatikan persoalan terkini yang dihadapi masyarakat miskin di Aceh.

“Sehingga zakat dapat menjawab tantangan sesuai zaman,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat BMA, Amirullah, menjelaskan bahwa kontribusi zakat memiliki nilai besar dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat kurang mampu di Aceh.

Bahkan, menurut Amirullah berbagai cerita keberhasilan mustahik dan dampak zakat dapat diakses publik melalui akun media sosial dan kanal YouTube resmi Baitul Mal Aceh.

“Publikasi ini kami lakukan untuk mendorong lebih banyak muzaki agar hatinya tergerak untuk berzakat melalui Baitul Mal,” kata Amirullah.

Amirullah juga mengajak para muzaki yang belum berzakat untuk menunaikan zakat melalui amil resmi terdekat, khususnya pelaku usaha yang belum menyalurkan zakat hasil usahanya.

“Zakat yang disalurkan melalui amil resmi akan lebih mudah dipertanggungjawabkan dan membawa manfaat yang lebih besar bagi mustahik,” pungkasnya.

Shares: