News

BMKG imbau warga Aceh waspada banjir dan longsor

Banjir di Aceh Jaya. Foto: IP

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Provinsi Aceh untuk mewaspadai kemungkinan terjadi bencana banjir dan tanah longsor akibat curah hujan tinggi pada masa pancaroba.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Budi Saritua Hutasoit menyampaikan bahwa secara umum wilayah Provinsi Aceh sudah memasuki masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Pada masa peralihan musim, dia mengatakan, hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Aceh, terutama pada sore dan malam hari.

“Hati-hati terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat mengikuti seperti banjir, longsor, maupun angin puting beliung,” ujar Budi, dikutip dari laman Antara, Jumat (19/1/2024).

Dalam beberapa hari ke depan, menurut Budi, cuaca di wilayah Aceh dan sekitarnya umumnya cerah berawan.

Namun demikian, kata dia, ada daerah-daerah yang selama kurun itu berpeluang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Ia menjelaskan bahwa kehadiran Siklon Tropis Anggrek di Samudra Hindia bagian barat daya Bengkulu, Madden Julian Oscillation (MJO) fase aktif pada kuadran empat, dan gelombang Rossby ekuator menyebabkan terbentuknya daerah belokan angin dan daerah perlambatan angin (konvergensi) di sebagian wilayah Aceh.

Menurut dia, kondisi tersebut dapat mendukung proses konvektif pada skala lokal dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Aceh seperti Aceh Tenggara, Gayo Lues, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Jaya.

Shares: