Hukum

Sudah empat ketua parpol daftar ke Partai Aceh untuk jadi wakil Mualem di Pilkada 2024

Sudah empat ketua parpol daftar ke Partai Aceh untuk jadi wakil Mualem di Pilkada 2024

POPULARITAS.COM – Sejumlah ketua partai politik nasional di Aceh, resmi mendaftarkan diri ke Partai Aceh (PA) untuk dipinang sebagai wakil Mualem atau Muzakir Manaf pada Pilkada 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara PA Nurzahri dalam keterangannya di Banda Aceh, Kamis (16/5/2024) dikutip dari laman Antara. “Saat ini yang sudah resmi mendaftar empat ketua parpol, kemungkinan masih akan bertambah,” katanya.

PA sendiri, sambungnya, akan mengusung Mualem sebagai calon Gubernur Aceh pada Pilkada serentak yang akan dilangsungkan pada 27 November 2024 mendatang. 

untuk saat ini, sambungnya kemudian, sejumlah ketua parpol yang sudah mendaftarkan dirinya ke Partai Aceh, yakni, Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. “Masih ada kemungkinan bertambah. Sebab PKS juga akan mendaftar nanti,” sebutnya.

Tak hanya itu, kata Nurzahri, sejumlah partai lain juga sudah membangun komunikasi, tetapi belum mendaftar karena masih ada pembahasan internal terkait sosok yang ingin diajukan.

Dirinya menuturkan, Partai Aceh dalam Pilkada 2024 ini mengusung konsep terbuka, berbeda dengan sebelumnya yang mungkin terkesan tertutup.

“Kita biasanya tertutup, kali ini kita buat secara terbuka dan profesional. Ada mekanisme survei sampai pemaparan visi dan misi,” katanya.

Nurzahri menyampaikan, selain dari eksternal, berdasarkan hasil penjaringan internal, sejauh ini juga sudah ada empat nama kader Partai Aceh sendiri yang dinilai layak mendampingi Mualem.

Diantaranya, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak, Aiyub Abbas, Hasballah alias Rocky, dan Usman Abdullah atau Toke Suum. Mereka juga  akan diseleksi secara setara dengan calon dari eksternal.

“Jadi posisi dan mekanismenya sama, hanya saja persyaratan yang berbeda. Kalau kader internal lampirkan KTA, itu saja yang membedakan, tapi yang eksternal tidak kita wajibkan,” ujarnya.

Mantan anggota DPR Aceh itu menegaskan, harapan Partai Aceh pada Pilkada 2024 ini adalah menjadikan Mualem sebagai Gubernur Aceh.

Maka, dipastikan sosok pasangannya nanti benar-benar memiliki elektabilitas yang tinggi dan bisa mengunci kemenangan, serta mempunyai chemistry dengan eks Panglima GAM tersebut. “Harapan kami, calon Wakil Gubernur Aceh yang mendampingi Mualem nantinya benar-benar bisa mengunci kemenangan. Karena target utama kami Mualem harus jadi,” demikian Nurzahri.

Shares: