News

Tanaman Zingiberaceae Diklaim Dapat Melawan Virus Corona

Tanaman Zingiberaceae Diklaim Dapat Melawan Virus Corona
sumber: google

– Perjuangan mencari obat untuk melawan Covid-19 terus dilakukan. Selain obat yang dapat menyembuhkan, saat ini para peneliti juga mencari ramuan untuk menjaga imunitas tubuh secara baik.

Berkaca dari permasalahan tersebut, Fakultas Teknobiologi Unversitas Surabaya (Ubaya) menggelar diskusi via daring tentang Kultur Jaringan tanaman Zingiberaceae herbal Peningkat Imunitas Melawan Covid-19.

Dosen Fakultas Tenobiologi Ubaya, Popy Hartatie Hardjo, jamu empon-empon yang termasuk dalam Zingiberaceae banyak dimanfaatkan orang untuk minuman yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan Covid-19.

“Sistem imunitas yang baik penting untuk kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah mengkonsumsi minuman kesehatan seperti jamu,” kata Popy, Selasa (10/11/2020) dikutip dari sariagri.id.

Selain membahas manfaatnya, tanaman Zingiberaceae juga dikupas metode perbanyakan mikro dan produksi masa benih serta senyawa bioaktif dalam sistem kultur jaringan.

Dari sekian banyak pendapat yang terlontar dari peserta, ada satu pertanyaan menarik dari Cornelia Dolfina Maatooke, peserta asal Universitas Halmahera.

Cornelia menanyakan mengenai peningkatan hasil produksi rimpang dari tanaman apabila ditanam di lapangan menggunakan metode kultur jaringan.

“Selama tidak ada patogen bawaan maka tumbuhan akan berproduksi sebagaimana mestinya, tetapi jika benih tidak bermutu dan membawa patogen maka bisa menyebabkan turunnya produktivitas dan kuantitasnya ikut menurun,” jawab Popy.

Di akhir pernyataan, Popy juga menjelaskan metode kultur jaringan berupaya untuk menghasilkan benih yang sehat karena melalui proses screening dan dengan sistem yang terkendali. []

Shares: