KesehatanNews

Tempat Tidur Ruang ICU RSUD Langsa yang Rawat Pasien Covid Penuh

Warga Garot, Jawa Barat dari Meulaboh Dirujuk ke RSUZA Diduga COVID-19
Ilustrasi. Simulasi penanganan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

POPULARITAS.COM – Keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di RSUD Langsa yang khusus menangani pasien Covid-19 di ruang Intensive Care Unit (ICU) penuh alias 100 persen.

Dari data yang diterima, kapasitas tempat tidur di ruang ICU/RICU yang merawat pasien Covid-19 hanya tersedia dua tempat tidur. Kapasitas itu, saat ini sudah terisi semua.

Sementara, kapasitas ruang isolasi tekanan negatif (RITN) tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 hanya tersedia tujuh tempat tidur yang terpakai hanya satu. Kemudian non-RITN 15 tempat tidur terpakai empat.

Plt Direktur RSUD Langsa dr Helmiza Fahry mengatakan, secara keseluruhan rumah sakit tersebut memiliki 325 tempat tidur dan hingga kini hanya terpakai 105.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang bakal dirujuk ke ruang ICU, pihaknya belum berencana untuk melakukan penambahan. “Ini kita rapatkan di manajemen (soal penambahan),”

“Untuk sementara masih tercukupi,” kata Helmiza saat dikonfirmasi, Senin (28/6/2021).

Sejauh ini secara kumulatif, pasien positif Covid-19 di Kota Langsa mencapai 587 kasus. Dengan rincian, sembuh 437 dalam perawatan 118 dan meninggal dunia 32 orang.

Sebelumnya, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terdapat 20 kabupaten/kota yang BOR RS untuk perawatan ICU telah mencapai 100 persen. Salah satu kota yang sudah penuh ialah di Kota Langsa.

Shares: