Hukum

15 TPS di Aceh, 21-24 Februari 2024 gelar PSU

Rapat pleno perhitungan hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi Aceh dimulai, berlangsung hingga 10 Maret 
Ketua KIP Provinsi Aceh Saiful. ANTARA/M Haris SA

POPULARITAS.COM – Sebanyak 15 TPS yang tersebar di Aceh, terhitung 21-24 Februari 2024 akan menggelar pemungutan suara ulang atau PSU. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dan rekomendasi dari Bawaslu, sebab diduga terjadinya pelanggaran.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Saiful Bismi, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Selasa (20/2/2024) menerangkan, hasil rekomendasi Bawaslu, PSU digelar di 15 TPS di sejumlah kabupaten dan kota. Karna itu, pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut.

“Iya, rekomendasi Bawaslu ada 15 TPS. Prosesnya kita gelar 21-24 Februari 2024,” ujarnya.

Berdasarkan data dari KIP Aceh, TPS yang memungut suara ulang hari ini yakni TPS 01 Desa Pantan Lues, Kecamatan Gajah Putih, Bener Meriah.

Pelanggaran di TPS itu karena adanya warga yang tak punya hak pilih ikut mencoblos dan melakukan pencoblosan berulang kali.

Rabu (21/2/2024) besok, pemungutan suara ulang digelar di TPS 13 Gampong Kampung Jawa, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe dan di TPS 3 Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya.

Lalu, Kamis (22/2/2024), pemungutan suara ulang berlangsung di TPS 3 Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh dan TPS 2 Gampong Masjid, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya.

Berikutnya, Jumat (23/2/2024), pemungutan suara ulang dilakukan di TPS 01 Desa Lawe Petanduk, Kecamatan Semalam, Aceh Tenggara.

Di mana, kata dia, pelanggaran yang terjadi di TPS ini yaitu dugaan keterlibatan anggota KPPS yang mencoblos surat suara berulang kali.

Di hari berikutnya, Sabtu (24/2/2024), pemungutan suara ulang dilakukan di TPS 1 Gampong Teubaluy, Kecamatan Darul Kamal, Aceh Besar dan TPS 2 Gampong Cot Bak U, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

“Sisanya tujuh TPS yang tersebar di Simeulue masing-masing di Desa Suak Manang, Jaya Baru, Temon Jaya, Bulu Hadik, Gunung Putih, Suka Karya dan Desa Suak Buluh belum dijadwalkan kapan digelarnya,” pungkasnya.

Shares: