58 ribu anak Pidie telah diimunisasi polio

POPULARITAS.COM – Pelaksanaan pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di Kabupaten Pidie per tanggal 28 November hingga 1 Desember 2022 telah mengimunisasi sebanyak 58.873 anak dengan target umur di bawah 13 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh, Hanif kepada wartawan, Jumat (2/12/2022) menyebutkan capaian imunisasi polio untuk anak di Pidie telah mencapai 64,3 persen dari target 91 ribu anak.

“Per tanggal 1 Desember 2022 capaian imunisasi anak di Pidie sebanyak 11.542 anak,” kata Hanif.

Pada Sub PIN hari pertama, kata Hanif, pihaknya berhasil mengimunisasi sekitar 14 ribu anak, lalu pada hari kedua sebanyak 15 ribu anak dan hari ketiga sebanyak 17 ribu anak.

Dia menambahkan, saat proses pengimunisasian pada hari pertama sempat terjadi penolakan dari masyarakat. Penolakan tersebut lantaran masyarakat takut dan kurangnya edukasi terkait pentingnya imunisasi.

“Pada hari pertama banyak penolakan dari masyarakat terkait vaksinasi ini. Lalu masyarakat diberi pemahaman ataupun edukasi dan pada hari berikutnya tidak ada penolakan lagi,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Tim Gerak Cepat (TGC) Pidie, ada sekitar 91.484 anak berusia 0 -12 tahun dengan target pencapaian dari pelaksanaan sub-PIN Polio tetes ini di atas 95% dari sasaran.

Oleh karena itu, ia juga meminta seluruh petugas kesehatan di Puskesmas, Posyandu, Polindes agar dapat melaksanakan program ini dengan penuh kesungguhan dan kepedulian.

“Kita juga mengimbau kepada seluruh instansi kesehatan di Aceh agar melakukan apa yg sudah diatur oleh pemerintah untuk melindungi anak-anak Aceh jangan sampai kasus ini bertambah terus,” imbuhnya.

Comments
Loading...